Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal Lipat, Begini Cara Sederhana Merawat Jas Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Rain coat alias jas hujan merupakan perlengakapan tambahan wajib bagi pengendara sepeda motor di musim hujan. Namun jangan abaikan perawatan jas hujan, sebab perlakuan yang salah membuat umur pakainya cuma sebentar.

Reyner Alexander, pemilik toko helm premium dan perlengkapan berkendara RC Motogarage mengatakan, salah satu perilaku yang membuat jas hujan cepat rusak ialah terlalu lama dilipat dan ditaruh di bagasi jok motor.

“Kalau habis dipakai didiamkan dulu untuk memastikan jas hujan kering. Jangan belum kering langsung dilipat dan ditaruh di bagasi atau tempat yang punya suhu panas karena membuat bahan jadi getas,” ujar Reyner kepada Kompas.com, belum lama ini.

Khusus untuk jas hujan dengan material polyster dan gore tech perawatannya lebih sulit. Jika sehabis dipakai, Reyner menyarankan, kedua bahan tersebut dibilas dulu dengan air untuk menghilangkan kotoran.

“Setelah dipakai, kalau kotor jangan dicuci pakai sabun. Kalau mau pakai sabun, pakai yang khusus buat gore tech atau waterproof. Kalau memang tidak mau beli, cukup basuh pakai air hangan dan lap pakai kanebo,” katanya.

Kendati demikian, tiap beda pasti punya masa pakai meski sudah dirawat dengan baik. Untuk itu ada baiknya jas hujan juga disemprot cairan anti air serbaguna yang sudah banyak di pasaran.

“Bisa juga disemprot spray waterproof, merek apapun itu bisa dan sudah banyak yang jual sekarang seperti efek daun talas. Sebab jas hujan memang sebaiknya dilakukan recoating,” ucap Reyner.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/19/101200715/jangan-asal-lipat-begini-cara-sederhana-merawat-jas-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke