Salin Artikel

Mengapa Kendaraan Niaga Bisa Lebih Untung Pakai Pelek Aluminium?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemakaian ban pada kendaraan niaga sangat diperhitungkan karenan menyangkut biaya operasional. Pasalnya, ban termasuk komponen fast moving yang bisa menelan biaya cukup tinggi.

Menyangkut kondisi ini, salah satu faktor yang bisa menghemat pemakaian ban adalah menggunakan pelek yang tepat bagi kendaraan niaga.

Saat ini ada pilihan pelek aluminium yang bisa digunakan ke truk maupun bus. Tampilannya pun keren, mengkilap, tidak seperti pelek standar yang biasanya terbuat dari baja.

Lalu apa saja kelebihan dari memakai pelek aluminium jika dibandingkan dengan pelek standarnya yang terbuat dari baja?

Rim & Tire Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, pelek aluminium memiliki dua keuntungan, ringan dan dingin.

“Pelek aluminium lebih enteng daripada pelek besi, bisa separuhnya. Kemudian cenderung lebih dingin saat digunakan,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Jumat (4/12/2020).

Selain itu, Bambang mengatakan kalau pelek aluminium memang terbukti bisa menignkatkan usia kilometer ban dibanding pelek besi. Namun untuk ketahanan akan benturan, pelek besi masih lebih unggul.

“Besi pelat baja SS 400 itu kemampuan menahan benturannya di atas Aluminium A 352.2 yang umum digunakan sebagai bahan baku pelek,” kata Bambang.

Selain itu, pelek aluminium juga perlu dirawat karena bisa mengalami oksidasi atau bentuknya seperti bercak. Bambang mengatakan, pelek aluminium harus sering dibersihkan, apalagi yang dilapis krom, harus digosok.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/05/094200315/mengapa-kendaraan-niaga-bisa-lebih-untung-pakai-pelek-aluminium

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.