Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Joan Mir Emosi Disebut Jadi Juara Dunia karena Marquez Absen

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pihak menyebutkan bahwa MotoGP 2020 adalah musim yang jauh dari kata normal. Bergulir di tengah pandemi, MotoGP hanya digelar di Eropa dengan jumlah seri yang tak banyak.

Selain itu, pebalap andalan Honda sekaligus juara bertahan Marc Marquez pun absen hampir satu musim.

Marc hanya balapan pada seri pertama di MotoGP Jerez. Saat itu, dirinya terjatuh dan cedera patah tulang lengan kanan bagian atas.

Setelah itu, Marc tidak bisa kembali balapan dan memutuskan untuk beristirahat hingga pulih total. Namun, hingga akhir musim pun pebalap Repsol Honda ini memutuskan baru akan kembali di musim depan.

Dengan absennya Marc, banyak nama baru muncul sebagai pemenang di beberapa seri. Bahkan, MotoGP musim ini sudah dimenangi oleh sembilan pebalap yang berbeda.

Joan Mir yang berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 pun tak luput dari komentar tersebut. Dengan sedikit emosional, pebalap Suzuki itu menjawab dengan satire.

"Orang-orang yang mengatakan itu karena mereka tidak tahu banyak tentang sepeda motor. Marc tidak ada di sini karena mereka telah menculiknya," ujar Mir, dikutip dari Motorsport.com.

Mir mengatakan, Marc ada saat seri pertama, mengambil risiko untuk menang, dan mencoba memenangi kejuaraan. Menurut Mir, Marc melakukan kesalahan yang membuatnya harus absen musim ini.

"Bahwa ketidakhadiran Marc mengurangi gelar? Nah, berarti perlu untuk mengurangi banyak gelar pebalap lain selama sejarah yang mereka menangi ketika, secara teori, saat pebalap favorit jatuh dan mereka bukan juara," kata Mir.

Banyak pebalap mengatakan, gelar juara dunia MotoGP diraih bukan hanya oleh pebalap tercepat, melainkan juga pebalap yang paling konsisten, seperti selalu finis, tidak pernah absen, atau selalu podium.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/16/070200515/joan-mir-emosi-disebut-jadi-juara-dunia-karena-marquez-absen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke