Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peningkatan Volume Lalu Lintas di Tol Dianggap Belum Signifikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki masa periode kenormalan baru yang berbarengan dengan transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mencatat adanya peningkatan lalu lintas di jalan tol dalam periode 5-30 Juni 2020.

Walau sudah terlihat ada peningkatan, Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, mengatakan bila secara lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga Group sepanjang Juni masih turun sekitar 27,3 persen dibandingkan Februari.

Sementara untuk peningkatan yang terjadi, menurut Heru lantaran karena dampak dari adanya pergerakan masyarakat di masa new normal. Hal ini mengingat sebelumnya Jasa Marga telah mencatat penurunan LHR yang lebih besar.

"Bisa kita simpulkan memang ada peningkatan. Sebelumnya, pasca-pemberlakuan PSBB hingga sebelum diberlakukan periode new normal, LHR di Jalan Tol Jasa Marga Group turun hingga 51,5 persen dari rata-rata kondisi normal Februari 2020," ujar Heru dalam keterangan resminya, Jumat (3/7/2020).

Untuk peningkatan ruas jalan tol sendiri, menurut Heru terjadi pada sejumlah ruas jalan tol yang ada di wilayah Jabodetabek. Mulai dari ruas jalan Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Cikampek.

Sementara itu, untuk Jalan Tol Soedijatmo yang mengarah ke Cengkareng, sampai saat ini masih belum memperlihatkan peningkatan. Kondisi ini akibat masih terbatasnya pergerakan menggunakan moda transportasi udara.

"Adanya tren yang terlihat selama bulan Juni 2020, Jasa Marga memperkirakan jumlah kendaraan akan meningkat seiring dengan pergerakan masyarakat dalam masa new normal," kata Heru.

Dalam pengoperasian jalan tol, Jasa Marga tetap mengedepankan protokol kesehatan khususnya untuk pelayanan transaksi, lalu lintas dan pemeliharaan jalan tol serta melakukan pengoperasian gerbang tol secara efisien dengan tetap mempertimbangkan standar pelayanan minimal jalan tol.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ada peningkatan arus lalu lintas di masa PSBB transisi. Kondisinya bahkan hampir mendekati masa sebelum ada pandemi Covid-19.

"Volume lalu lintas saat normal 7.000 kendaraan per jam di ruas-ruas jalan tertentu, dan pada masa imbauan WFH sedikit menurun," ujar Syafrin.

"Saat PSBB transisi, volume lalu lintas kembali mendekati kondisi normal, angkanya sudah di atas 6.000-an lebih. Sementara jam puncak kemacetan lebih lama karena ada pembagian shift kerja," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/04/094200415/peningkatan-volume-lalu-lintas-di-tol-dianggap-belum-signifikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke