Salin Artikel

Intip Interior BMW 320i Sport

JAKARTA, KOMPAS.com - Selesai dengan urusan eksterior, giliran menilik interior yang dihadirkan pada generasi terbaru sedan terlaris BMW Seri 3 dengan kode bodi G20, yakni 320i Sport.

Seakan menyambung benang merah, konsep sporty pada ekterior pun ikut diaplikasi pada kabin. Terlebih dengan struktur dimensi yang bertambah, otomatis membuat kabin sedikit terasa lebih lapang.

Gambaran sporty coba dituangkan melalui nuansa gelap pada interior yang terbuat menggunakan material berkualitas dan panel black gloss di door trim. Waktu pertama membuka pintu pengendara, sudah terlihat bila layout desain dari dasbor fokus kepada pengemudi.

Kokpit benar-benar menawarkan sisi ergonomis yang tinggi dan memanjakan siapapun yang mengendarainya. Hampir seluruh fitur pengontrolan diletakan ke dalam panel yang terstruktur, bahkan pada lingkar kemudi pun sudah tersedia beberapa tombol fungsi yang mudah untuk dioperasikan dengan ibu jari.

Pada generasi terbaru, tombol start-stop mesin kini diletakan bersama dengan tombol fungsi lainnya. Posisinya yang berada di konsul tengah berdekatan dengan tuas perpindahan gigi atau tuas pemilih yang juga baru dirancang bersama iDrive Controller serta tombol-tombol untuk unit Driving Experience Control, membuatnya terlihat lebih tertata.

Panel istrumen terisi dengan BMW Live Cockpit yang didukung BMW Operating System 7.0, yang salah satunya dapat menampilkan navigasi. Sementara untuk jok, dibuat dengan karakter sport seat berlapis Vernasca dan pengaturan elektrik yang memudahkan pengendara mengatur posisi berkendara.

Dari sisi kelapangan, untuk baris pertama tidak ada masalah. Baik ruang kaki dan kepala masih cukup mempuni untuk orang dewasa, begitu juga pada baris kedua.

Namun demikian, BMW mengklaim ruang yang diperluas untuk bahu dan siku di kursi depan serta ruang kaki tambahan, kenyamanan kursi, dan kemudahan akses masuk dan keluar, semua berkontribusi pada rasa lapang di interior. Secara keseluruhan, ruang bagasinya mampu menampung 480 liter barang bawaan.

Fitur

Boleh jadi Seri 3 memang menjadi sedan termurah BMW, namun dalam hal teknologi tidak bisa dianggap enteng. Generasi terbaru ini sudah dibekali teknologi inovatif yang disempurnakan dalam rangka menyambut kendaraan otonom.

Hadirnya park distance control dan kemera belakang, membantu pengendara saat masuk atau keluar tempat parkir. Fitur park asisst pun juga memudahkan yang siap mengambil alih kemudi, akselerasi, pengereman, dan perubahan gigi secara steptronic ketika masuk dan keluar parkir pararel dan lateral.

Sementara adanya reversing assistan, dapat membawa Seri 3 kembali mundur ke posisi semula secara otomatis dengan jarak 50 meter. Menariknya, rute yang digunakan sama ketika mobil digerakan maju, fitur ini pun berguna saat pengendara menghadapi rintangan di depan dah harus kembali ke posisi awal.

Kesimpulan dari segi kabin dan fitur, untuk sedang Eropa yang dipasarkan Rp 849 juta off the road, rasanya 320i Sport menawarkan sebuah kenyamanan dan kemewahan yang belum dimiliki rivalnya. Apalagi dengan fitur-fitur canggih yang dimiliki.

Namun memang tidak semua bisa memuasakan, lantaran pada baris kedua belum tersedia sarana hiburan tersendiri bagi penumpang belakang. Kesan sport juga kurang karena absennya fitur paddle shift di balik kemudi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/01/100200715/intip-interior-bmw-320i-sport

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.