Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Saat New Normal Ojol Siap Bawa Penumpang | Bikin SIM Dilarang Pakai Baju Warna Biru

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menyiapkan protokol kesehatan, menyambut era new normal, asosiasi ojek online ( ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia (Garda Indonesia), juga sudah menyiapkan partisi atau penyekat khusus untuk kembali beroperasi dengan membawa penumpang.

Seperti diketahui, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), ojol sudah tak diperbolehkan membawa penumpang dan hanya bisa beroperasi untuk membawa barang.

Namun seiring dengan PSBB di Jakarta dan beberapa kota lainnya yang akan berakhir pada 4 Juni 2020 nanti, ada kemungkinan ojol akan kembali beroperasi normal.

Selain itu, yang tak kalah menariknya lagi soal bikin SIM dilarang pakai baju warna biru.

Penasaran, berikut 5 berita terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 31 Mei 2020:

1. Siap Bawa Penumpang, Begini Partisi Ojol Saat New Normal 

Tak hanya menyiapkan protokol kesehatan, menyambut era new normal, asosiasi ojek online ( ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia (Garda Indonesia), juga sudah menyiapkan partisi atau penyekat khusus untuk kembali beroperasi dengan membawa penumpang.

Seperti diketahui, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ojol sudah tak diperbolehkan membawa penumpang dan hanya bisa beroperasi untuk membawa barang.

Namun seiring dengan PSBB di Jakarta dan beberapa kota lainnya yang akan berakhir pada 4 Juni 2020 nanti, ada kemungkinan ojol akan kembali beroperasi normal.

2. Cara Ampuh Agar Kabin Mobil Cepat Dingin Usai Parkir di Tempat Panas

Suhu dingin dan sejuk merupakan hal yang diinginkan setiap pengemudi, setelah masuk ke dalam mobil. Namun nyatanya hal itu sulit didapatkan, apalagi jika sebelumnya kendaraan parkir di tempat terbuka dan terkena terik matahari secara langsung.

Pemiik mobil biasanya akan langsung menghidupkan pendingin udara, atau air conditioner (AC) sesaat setelah masuk ke dalam mobil. Tapi, ternyata hal tersebut tidak bisa mempercepat proses pendinginan kabin mobil. Lantas, bagaimana caranya?

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong, mengatakan, solusi yang paling tepat adalah dengan membuka jendela mobil terlebih dahulu agar hawa panas dalam mobil bisa cepat hilang.

3. Tak Memiliki SIKM, Polisi Pukul Mundur 37.585 Kendaraan Selama Arus Balik

Korlantas Polri mencatat sebanyak 37.585 unit kendaraan telah diminta kembali ke titik awal keberangkatan saat arus balik selama pengawalan aturan larangan mudik Lebaran 2020.

Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Brigadir Jenderal Benyamin menyatakan, data tersebut merupakan total dari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 yang dilakukan mulai Senin (25/5/2020) hingga Sabtu (30/5/2020) atau usai hari raya Idul Fitri 1441 H.

"Hingga H+6 Lebaran atau Sabtu kemarin, 37.585 kendaraan telah diputarbalikkan pada arus balik, sesuai dengan imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19)," katanya di keterangan tertulis, Minggu (31/5/2020).

4. Kenapa Dilarang Pakai Baju Warna Biru Saat Foto untuk SIM?

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya resmi kembali membuka layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi ( SIM) di tengah pandemi virus corona alias Covid-19 pada Sabtu (20/5/2020).Hal ini dilaksanakan sesuai dengan surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 yang diterbitkan pada Jumat (29/5/2002) dan ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Oleh karenanya, bagi warga Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang yang ingin melakukan pengurusan SIM, dari pembuatan baru, penggantian karena hilang atau rusak, hingga perpanjangan sudah bisa dilakukan.

5. Harga Produk Otomotif Indonesia Disebut Tak Ramah Konsumen

Pandemi Covid-19 membuat penjualan sektor otomotif baik mobil dan sepeda motor turun drastis. Meski demikian ada anggapan sebetulnya selama ini pasar di Indonesia memang tidak ramah konsumen.

Hosea Sanjaya, Presiden beberapa perusahaan otomotif, seperti PT Geely Mobil Indonesia, PT Chery Mobil Indonesia, PT Mandiri Global Industri, mengisyatkan, hal itu dapat dilihat dari harga jual kendaraan.

Hosea mengatakan, di Indonesia produk yang kurang lebih sama dan sudah dijual selama tahunan dari waktu ke waktu tidak pernah mengalami penurunan harga, sebaliknya justru selalu mengalami kenaikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/01/063100015/-populer-otomotif-saat-new-normal-ojol-siap-bawa-penumpang-bikin-sim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke