Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Kendaraan yang Boleh Beroperasi saat PSBB Jabar | MPV Murah Diskon Rp 30 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) untuk tingkat provinsi akan dimulai pada 6 Mei 2020.

Berlangsung selama 14 hari, pembatasan guna memutus rantai penyebaran virus corona alias Covid-19 ini melibatkan 27 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

"Pada hari Rabu (6/5/2020) seluruh Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan PSBB. Mungkin ini pertama di Indonesia, 27 daerah pintunya akan dibatasi, pergerakan akan dibatasi berbarengan dengan momentum pelarangan mudik," kata Emil dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (2/5/2020).

Selain itu, yang tak kalah menariknya lagi soal diskon MPV murah menjelang Lebaran 2020. Penasaran seperti apa, berikut lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Selasa 5 Mei 2020:

1. Berlaku 6 Mei, Ini 17 Kendaraan yang Boleh Beroperasi Saat PSBB Jabar

Petunjuk teknis PSBB di Jawa Barat tercantum dalam Surat Edaran Nomor 460/71/Hukham Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Bidang Transportasi di Wilayah Provinsi Jawa Barat.

Surat tersebut menyatakan bakal ada pembatasan jumlah penumpang hingga 50 persen dari kapasitas kendaraan, baik pada kendaraan bermotor maupun tidak bermotor. Kemudian diwajibkan juga setiap orang menerapkan physical distancing.

Adapun jam operasional kendaraan bermotor umum dalam trayek dan angkutan perairan di Jawa Barat, mengalami penyesuaian. Kini, kendaraan hanya beroperasi mulai pukul 05.00-18.00 WlB, kecuali kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

2. Masih Perlukah Ritual Panaskan Mesin pada Motor Injeksi?

Meski sudah menganut sistem injeksi, memanaskan mesin sepeda motor ternyata masih perlu dilakukan. Hal ini diperlukan untuk mengatur sirkulasi oli pada mesin sebelum motor digunakan untuk menempuh perjalanan.

Namun, memanaskan mesin keluaran motor baru dengan yang masih menganut sistem pembakaran karburator sedikit berbeda. Motor yang sudah injeksi tidak perlu terlalu lama saat dipanaskan.

Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Asep Suherman, membenarkan hal tersebut, memanaskan motor tetap perlu dilakukan. Terutama saat motor baru saja dihidupkan atau saat pagi hari.

3. Diskon MPV Murah Jelang Lebaran Tembus Rp 30 Juta

Memasuki pekan kedua bulan Ramadhan 1441 Hijriah, potongan harga mobil keluarga alias low multi purpose vehicle ( LMPV) masih tergolong normal.

Salah satu tenaga penjual Toyota mengatakan, diskon ditentukan oleh kemampuan diler sehingga bisa berbeda-beda. Namun di tempatnya potongan harga resmi yang ditetapkan ialah Rp 14 juta.

"Kalau kustomer baru nanya kita kasih Rp 10 juta, tapi kalau nego bisa sampai Rp 14 juta. Itu dari tim harga. Tapi bisa sama saya sampai Rp 23 juta, tapi kalau ada unit fisik Rp 25 juta juga dimakan," kata sales tersebut kepada Kompas.com, Senin (4/5/2020).

4. Suzuki Tengah Siapkan Ertiga dengan Mesin Diesel Terbaru

Suzuki Ertiga generasi kedua yang hadir sejak 2018, mendapat beberapa pembaruan dibanding pendahulunya. Mulai dari platform Heartect yang lebih ringan, dimensi yang lebih besar, serta mesin bensin K15B yang lebih bertenaga dari pendahulunya.

Namun yang berbeda dari model sebelumnya, Ertiga terbaru belum memiliki varian bermesin diesel. Meski tidak sebanyak varian bensinnya, model ini punya penggemarnya tersendiri.

Sebagai salah satu basis produksi Ertiga di dunia, Maruti Suzuki pun belum meluncurkan varian ini. Usut punya usut, sepertinya Suzuki di India tengah menyiapkan mesin diesel yang dimaksud, setelah aturan standar emisi BS6 diterapkan.

5. Mobil Bekas dari Pabrikan Eropa yang Dijual Rp 50 Jutaan

Meski tidak seramai pabrikan Jepang, tetapi mobil bekas buatan Eropa masih banyak peminatnya.

Apalagi, harga mobil dari benua biru ini relatif cukup terjangkau dan bersaing dengan harga mobil bekas pabrikan Jepang.

Bahkan, dengan dana hanya Rp 50 juta bisa mendapatkan mobil sedan buatan Eropa yang terlihat mewah.

Bagi yang pernah merasakan sensasi berkendara menggunakan mobil Eropa pastinya bisa menjadi pertimbangan saat membeli mobil bekas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/06/060200115/-populer-otomotif-kendaraan-yang-boleh-beroperasi-saat-psbb-jabar-mpv-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke