Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kepepet Butuh Dana Tunai, Kapan Waktu yang Tepat Jual Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona atau Covid-19 telah berdampak pada beragam sektor kehidupan.

Memasuki minggu keenam penerapan social distancing dan work from home (WFH), sejumlah orang terpaksa harus menjual asetnya untuk memenuhi kebutuhan.

Budi Rahardjo, Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning, mengatakan, secara umum ada beberapa faktor yang membuat orang menjual kendaraannya pada masa-masa sekarang.

Menurutnya, beberapa orang mungkin sedang butuh dana cair karena kebutuhan yang mendesak. Seperti diketahui, pandemi secara langsung membuat beberapa bisnis terdampak.

Bisa jadi para pemilik bisnis itu harus menutup kerugian tersebut dengan menjual aset, dan mobil merupakan salah satu aset yang mudah dicairkan.

“Untuk saat ini, orang-orang yang menjual mobilnya sedang butuh dana cash, memperbaiki cash flow, atau menambah dana cadangan,” ucap Budi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Namun sebelum menjual mobil, ada baiknya untuk mengetahui waktu yang tepat untuk melepas kendaraan kesayangan.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, untuk saat ini harga mobil bekas cenderung anjlok lantaran jumlah suplai dan permintaan yang tidak seimbang.

“Kalau sekarang jual, siapa yang mau beli? Pasti ditawar murah. Sekarang mending jual emas atau jual dollar AS,” ucap Herjanto kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Herjanto mengatakan, harga mobil bekas bisa kembali normal, jika periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah berakhir.

Menurutnya, secara perlahan ekonomi bakal merangkak naik jika aktivitas orang-orang bisa kembali normal.

“Untuk saat ini, belum ada kejelasan, nunggu PSSBB berakhir. Mungkin dua bulan setelah PSSB selesai, itu pun belum pulih 100 persen,” kata Herjanto.

“Nanti harga mobil bekas akan ikut normal lagi, saya prediksi di September, Oktober, November, itu waktunya pedagang cari mobil buat konsumen cuti akhir tahun di Desember,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/20/115559115/kepepet-butuh-dana-tunai-kapan-waktu-yang-tepat-jual-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke