Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengulik Sasis Premium Bus, Antara Pamer Ukuran Mesin dan Tenaga

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat ini memiliki banyak pilihan bodi dengan dek tinggi bahkan tingkat. Bodi bus yang besar tersebut, membutuhkan sasis yang kuat, biasanya disebut premium.

Sasis untuk bus yang besar disebut premium, karena merupakan merek Eropa dan dipasang bodi yang tidak kalah mewah. Biasanya bus dengan sasis premium ini menggunakan tiga as roda.

Penggunaan sasis yang premium juga biasanya dipamerkan dengan memasang stiker tentang merek dan kode rangka yang digunakan. Seperti yang dikatakan Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana.

“Biasanya yang pakai sasis premium (yang pasang stiker). Kalau pakai sasis premium kan anggapan penumpang lebih prestise dan nyaman dibanding yang biasa,” kata Werry kepada Kompas.com belum lama ini.

Sasis premium dengan tiga as roda yang banyak beredar di Indonesia yaitu Scania K410 iB, Mercedes Benz OC 500 RF 2542, dan Volvo B11R – 430 HP. Lalu apa arti dari kode-kode sasis tersebut?

Scania K410 iB jika diartikan, huruf K maksudnya letak mesin berada di belakang as roda paling ujung. Lalu 410 berarti jumlah tenaga kuda yang dimiliki dan iB memiliki arti intercity bus, atau bus dengan jarak menengah sampai jauh.

Selanjutnya Mercedes Benz OC 500 RF 2542, sasis ini merupakan bus modular dengan lantai tinggi. RF sendiri merupakan singkatan dari Raised Floor. Lalu empat angka dibelakangnya berarti Jumlah Berat yang Diperbolehkan (JBB) dan tenaganya, berarti memiliki JBB 25 ton dengan tenaga 422 HP.

Terakhir yaitu untuk Volvo B11R – 430 HP, yang memiliki arti bus dengan mesin 11 liter atau lebih tepatnya 10.837 cc dan mengeluarkan tenaga 430 HP. Ada juga varian 370 HP yang dijadikan bus Transjakarta.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/21/073200515/mengulik-sasis-premium-bus-antara-pamer-ukuran-mesin-dan-tenaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke