Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pahami Risiko Potong Rantai Motor

BOGOR, KOMPAS.com – Rantai motor adalah komponen penting pada motor bebek maupun motor sport. Rantai berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin menuju gear belakang untuk menggerakkan roda, kemudian menjalankan sepeda motor.

Pada lengan ayun motor dengan rantai, ada setelan yang digunakan untuk menyetel kelenturan dari rantai tersebut. Jika rantai sudah kendur dan setelan sudah ada pada bagian paling belakang, salah satu cara mengakalinya adalah dengan memotong rantai.

Namun apa efek dari potong rantai tersebut jika salah dilakukan?

Hilman, kepala bengkel Yamaha Mekar Motor di Bogor, mengatakan, kalau memotong rantai adalah cara terakhir jika konsumen ingin mengakali rantai yang kendur.

“Potong rantai akan dilakukan jika pelanggan yang meminta dan belum ada budget untuk membeli gear set dan rantai yang baru,” ucap Hilman kepada Kompas.com, Kamis (16/1/2020).

Potong rantai sebenarnya tidak disarankan, karena jika salah dalam memotongnya, rantai menjadi miring dan setelan rante akan mudah berubah. Lebih baik langsung ganti gear set. Jika terpaksa memotong rantai, lebih baik dikerjakan oleh tenaga ahli.

“Jika rantai sudah miring, setelan rantai pada swing arm bisa berbeda antara kanan dan kiri. Jika terpaksa dan mau dipotong, lebih baik dilakukan di bengkel resmi karena disediakan alat khusus untuk memotong rantai,” kata Hilman.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/18/084200015/pahami-risiko-potong-rantai-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke