BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Auto2000
Salin Artikel

Penting Diketahui, Ini 3 Akibat Jarang Servis Mobil...

KOMPAS.com – Jam telah menunjukkan pukul 07.30 pagi, sudah saatnya Ari (35) berangkat ke kantor. Tak disangka, kejadian buruk menimpanya.

Pagi itu mobil miliknya tak bisa dinyalakan. Sudah berulang kali ia mencoba, tapi tak kunjung bisa. Ari segera mengecek bensin, mungkin ia lupa mengisinya. Namun, ternyata bensinnya masih penuh sehingga bukan itu masalahnya.

Setelah berulang kali ia cek, ternyata permasalahannya ada pada mesin. Mesinnya aus dan sedikit keropos. Setelah melihat kondisi tersebut, ia pun ingat kalau ia lupa melakukan servis pada mobilnya.

“Saking sibuknya kerja, jadi lupa servis. Padahal kemarin-kemarin inget, sih, tapi waktu yang saya punya enggak banyak dan males ngantre kalau servis,” ujar Ari kepada Kompas.com, Kamis (31/10/2019).

Padahal, mengecek kendaraan terutama mobil secara berkala banyak untungnya. Mobil akan selalu fit dan yang terpenting usia komponen kendaraan menjadi awet.

Kemudian untuk jadwal servis, ada baiknya perhatikan waktu atau time frame, bukan kilometer (km) semata. Umumnya, jangka waktu melakukan servis berkala adalah enam bulan sekali.

Namun, tak jarang mobil sudah mengalami masalah sebelum masa enam bulan terlewati. Hal ini bisa saja terjadi kalau mobil sering digunakan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah yang ditimbulkan akibat jarang melakukan servis mobil, berikut Kompas.com berikan ulasannya.

1. Kualitas mesin menurun

Terdapat beberapa komponen yang membuat kualitas mesin menurun akibat tidak servis mobil secara teratur, misalnya air radiator yang mengering. Radiator merupakan perlengkapan standar pada mobil modern.

Perannya cukup vital, yakni menjaga mesin agar bekerja dalam suhu optimal. Jika suhu mesin semakin panas, radiator akan berusaha mendinginkan sehingga tidak terjadi overheat.

Umumnya, faktor yang bisa membuat malfungsi pada sistem radiator karena kerusakan pada kipas pendingin atau thermostat dan habisnya air radiator.

Selain radiator, perhatikan pula kondisi oli mesin. Perihal oli atau pelumas pada mobil memang tidak bisa ditawar-tawar.

Beberapa fungsinya antara lain melapisi dua permukaan logam yang saling bergesekan, mendinginkan mesin akibat panas dari pembakaran, serta memelihara mesin tetap terjaga kebersihannya.

2. Sistem kelistrikan terganggu

Selain kualitas mesin, komponen kelistrikan pada mobil juga akan terganggu bila tidak diservis berkala, salah satunya adalah alternator atau dinamo ampere.

Melansir Kompas.com, Senin (24/6/2019), alternator memiliki tugas berat, yakni menyuplai arus listrik untuk beberapa komponen mobil yang membutuhkan tenaga listrik, seperti wiper, lampu, kaca jendela, dan sistem audio.

Untuk cara kerjanya, alternator mengubah tenaga kinetis menjadi tenaga listrik. Jika kondisi alternator tidak baik, aki mobil dijamin hanya akan mampu bertahan sebentar saja.

Setelah listrik disuplai ke beberapa komponen di atas, maka aki tidak akan dapat menyuplai listrik lagi dengan baik. Dampaknya, mobil jadi susah distarter, mesin tidak menyala, dan akhirnya mogok.

3. Sistem pembakaran boros

Salah satu kerugian yang juga akan dialami mobil ketika tidak rutin servis adalah sistem pembakaran menjadi boros.

Busi adalah salah satu komponen yang harus diperhatikan. Pasalnya, bila kondisi busi sudah lemah atau mati bisa berdampak pada turunnya performa mesin. Kondisi tersebut disebabkan oleh tidak stabilnya pembakaran akibat percikan api yang kurang seimbang.

Bila masalah itu terjadi pada mobil Anda, sebaiknya ganti semua busi dengan yang baru agar lebih optimal.

“Masuk angin” pada mobil juga bisa menjadi faktor lainnya sistem pembakaran menjadi boros. Asal tahu saja, sering terlambat mengisi bahan bakar ke dalam tangki akan mengakibatkan angin masuk ke dalam pompa injeksi.

Kemudian, angin bisa masuk ke dalam pompa injeksi karena pembuangan air pada penampungan air (water sedimen). Untuk menanganinya, perlu teknisi berpengalaman dan berkualitas untuk memperbaiki komponen tersebut.

Bila berbicara tentang servis mobil yang berkualitas, Auto2000 bisa menjadi pilihan Anda. Untuk diketahui, saat ini Auto2000 memiliki fitur booking servis bernama Tasia dan THS-Auto2000 Home Service.

Fitur ini juga bisa memudahkan Anda sebagai pemilik mobil Toyota untuk memanfaatkan layanan THS-Auto2000 Home Service. Lewat layanan ini, pelanggan dapat memilih tempat dan waktu yang dikehendaki untuk melakukan servis berkala di mana pun dan kapan pun.

Bila Anda ingin mencoba fitur dari Auto2000 tersebut, silakan menghubungi nomor WhatsApp Tasia melalui nomor 0822-8980-2000 atau klik link berikut ini.

Dengan demikian, waktu yang sedikit dan malas pergi ke bengkel bukan lagi menjadi alasan untuk tidak melakukan servis mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/11/124854215/penting-diketahui-ini-3-akibat-jarang-servis-mobil

Bagikan artikel ini melalui
Oke