Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rayakan 17 Agustus dengan Touring, Komunitas Wajib Jaga Kondisi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen 17 Agustus yang menjadi hari raya kemerdekaan Republik Indonesia banyak dimeriahkan dengan berbagai cara. Salah satunya yang paling banyak dilakukan komunitas motor adalah melakukan touring.

Sudah jadi agenda oleh beberapa komunitas untuk melakukan touring ke suatu tujuan dan melakukan upacara bendera di sana. Namun, jangan lupa untuk menjaga konsentrasi saat touring.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, menyarankan, untuk memperhatikan tujuan dan rombongan touring. Selain itu, perhatikan juga konsentrasi dan daya tahan tubuh

"Lakukan istirahat ketika telah mencapai perjalanan selama 1,5 jam sampai 2 jam sebanyak 15 sampai 30 menit. Dengan beristirahat sejenak, maka kondisi tubuh akan kembali fresh," ujar Agus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus menambahkan, saat beristirahat, usahakan untuk minum dan juga melakukan pemanasan ringan sebelum mulai berkendara kembali. Tujuannya adalah agar aliran darah pada pergelangan tangan dan kaki dapat mengalir dengan lancar.

"Sehingga, oksigen yang dihasilkan ke otak menjadi penuh. Maka, berkendara bisa lebih fokus dan konsentrasi, tidak mengantuk," kata Agus.

Agus menganjurkan untuk melakukan gerakan pemanasan dimulai dari atas kepala hingga kaki dengan gerakan yang tidak diulang-ulang. Cukup lakukan gerakan ringan saja untuk menghindari cedera.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/16/100200115/rayakan-17-agustus-dengan-touring-komunitas-wajib-jaga-kondisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke