Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman Toyota C-HR yang Mulai Kentara

Kompas.com - 10/07/2017, 16:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotifToyota C-HR sedang menikmati sukses besar di Jepang. Penjualan SUV compact ini mencapai 79.303 unit. Angka tersebut sudah cukup untuk pesaing Honda HR-V dan Nissan Juke itu mencapai puncak penjualan SUV baru di Negeri Matahari Terbit pada tengah tahun 2017.

Toyota juga menggarisbawahi bahwa pada paruh 2017, C-HR menjadi mobil yang paling banyak dibeli di Jepang dengan penjualan 13.168 unit. Di sana, sang SUV mendapat pilihan mesin 1.200 turbo dan 1.800 cc hybrid.

Di Indonesia sendiri, konsumen harus menunggu kedatangan Toyota C-HR lebih lama. Seperti yang pernah diungkapkan Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), beberapa waktu lalu, C-HR bakal dilepas ke pasar pada awal 2018, dengan status impor.

Toyota C-HR diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu. Toyota kala itu menyebut, kalau masyarakat merespons positif kehadirannya, di mana di setiap diler sudah banyak konsumen yang menanyakannya.

C-HR hadir dengan mesin 8NR-FTS berkapasitas 1.200 cc empat silinder, bersama dengan teknologi turbocharged. Produk SUV crossover ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 115 PS dan torsi sebesar 185 Nm ke penggerak roda depan, melalui transmisi CVT.

Selain itu, Toyota juga menyediakan beberapa pilihan mesin untuk C-HR, mulai dari 2.000 cc naturally aspirated (NA) dan mesin hybrid 1.800 cc yang sudah dipasarkan di Jepang. Namun untuk pasar Asia Tenggara sendiri, belum ada ditentukan mesin mana yang akan dipasarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com