Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kwid Ternyata Bisa Lebih Menghargai Nyawa Penumpang

Kompas.com - 03/04/2017, 10:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Autoblog

Rio de Janeiro, KompasOtomotifRenault membuat mobil murah Kwid lebih aman dan menghargai nyawa penumpang. Strukturnya diubah, peranti keamanan pun ditambah. Tapi sayang, ini hanya bisa ditemui di Brasil.

Munculnya Kwid yang lebih aman itu tak lain demi memenuhi standar keamanan dan perlindungan terhadap kecelakaan yang cukup tinggi di Negeri Samba.

Menurut AutoBlog Argentina, Kwid yang akan dipasarkan di sana bobotnya lebih berat ketimbang Kwid bikininan India yang juga diekspor ke Indonesia.

Hal tersebut berkat upgrade struktur dengan menambahkan lebih banyak baja berkekuatan tinggi pada sasis. Bobot kosong menjadi 840 kg, atau naik 20 persen (140 kg) ketimbang versi bikinan India.

Sebagai kompensasi atas meningkatkan bobot, Renault menggunakan mesin yang dikatakan lebih bertenaga, meski tipenya kurang lebih sama, 1.000 cc 3-silinder berbahan bakar bensin dengan tenaga maksimal 75 tk.

Baca: Harga Murah, Begini Hasil Uji Tabrak Renault Kwid

Selanjutnya, Renault Brasil menambahkan ISOFIX untuk meningkatkan standar keamanan pada bayi atau anak-anak. Kursi dirancang memiliki sabuk pengaman yang sesuai dengan tubuh anak kecil, atau isa dikaitkan dengan kursi bayi.

Kantung udara juga ada empat titik. Peranti rem ABS disiapkan sebagai standar. Ini sangat kontras dengan Kwid versi India yang cuma menyediakan satu kantung udara buat sopir. Pre-tensioner pada sabuk pengaman pun dijadikan opsi untuk grade tertinggi.

Sebagai informasi tambahan, pada tes tabrak yang dilakukan Global NCAP Akhir tahun lalu, Kwid versi India hanya mendapatkan rating satu bintang. Bertambahnya tingkat keamanan ini dianggap wajar untuk memenuhi standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Autoblog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com