Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebangkitan ”Bajaj” TVS di Indonesia

Kompas.com - 26/01/2017, 14:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tak hanya kuat di pasar ekspor dan mengalami pertumbuhan, PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) juga mengaku sukses di sektor lain. Buat merek asal India itu, 2016 juga merupakan tahun kebangkitan kendaraan angkutan lingkungan roda tiga TVS King.

Kendaraan angkutan lingkungan roda tiga bermesin 4 tak (BBG) itu telah beroperasi sejak 2006 sebagai pengganti kendaraan angkutan lingkungan roda tiga oranye (2 tak). Populasinya makin banyak, bahkan sudah menguasai pasar meski dijual via pihak kedua.

Berdasarkan siaran resmi TMCI, Kamis, (26/1/2017), saat ini lebih dari 7.000 kendaraan angkutan lingkungan roda tiga bermesin 4-tak beroperasi di jalan. TVS King memasuki pasar pada Juli 2014, lalu mendominasi dengan menguasai 60 persen market share. Selama kurun 2,5 tahun, hampir 5.000 TVS King beroperasi di jalan khususnya Jabodetabek.

Selain itu kendaraan roda tiga TVS juga telah merambah beberapa lokasi baru seperti di kota Bekasi, dan Bengkulu. Permintaan uji coba disebut terus dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat.

Besarnya kebutuhan pasar akan kendaraan roda tiga, baik penumpang dan juga niaga (angkut barang) TVS melihat-nya sebagai peluang yang baik untuk dapat turut serta memperkuat pasar ini.

Dalam waktu dekat, produk India itu berencana melahirkan produk baru yang akan meluncur pada Febuari 2016 mendatang. Kendaraan roda tiga TVS ini diharapkan menjadi jawaban untuk pengguna yang membutuhkan alat transportasi yang memadai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com