Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Buatan Indonesia Laris di Luar Negeri

Kompas.com - 20/12/2016, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dibanding anggota Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) lainnya, produsen sepeda motor TVS, paling beda, di mana komposisi ekspor jauh lebih besar dibanding domestik. Sementara rekan lainnya Yamaha, Suzuki, dan Honda penjualan pasar domestik paling banyak.

Dari data AISI sepanjang Januari-November 2016, distribusi produk TVS untuk pasar dalam negeri hanya sebesar 1.755 unit, sedangkan ekspornya mencapai 20.399 unit. Di mana kontribusi ekspor mencapai 92,08 persen, dan domestik 7,95 persen.

Rio Aditya, Public Relations Manager PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) mengatakan, ini sejalan dengan strategi perusahan yang baru. TVS akan terus memperluas dan meningkatkan penjualan ekspor, tapi tetap berupaya juga untuk meningkatkan penjualan domestik.

“Hanya saja memang perbedaanya sangat jauh. Kondisi ini karena konsumen cenderung memilih merek Jepang, yang sudah lama eksis di Indonesia, mereka berpikir membeli sepeda motor untuk investasi, di mana akan di jual kembali,” ujar Rio kepada KompasOtomotif, Senin (19/12/2016).

Rio melanjutkan, jika bicara ideal, komposisi yang pas adalah 50 persen berbanding 50 persen, antara domestik dan ekspor. Melihat kondisi saat ini, akan sayang jika TVS menutup mata dan tidak memenuhi demand tersebut, sehingga terus mengembangkan pasar ekspor.

“Namun sekali lagi, kami tetap berupaya untuk memperbesar share domestik. Untuk saat ini ekspor produk TVS Indonesia yang terbesar adalah Iran, lalu Afrika khusunya Afrika barat. Kemudian ASEAN (philipina, Myanmar, Laos), Amerika latin dan juga Turki,” ujar Rio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com