Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rogoh Rp 95 Miliar buat Innova Venturer

Kompas.com - 16/01/2017, 17:55 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sama seperti lainnya, varian baru Kijang Innova, Venturer, juga diproduksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabrik Karawang I, Jawa Barat. Pihak TMMIN menggelontorkan dana investasi Rp 95 miliar untuk memproduksinya.

Menurut penjelasan Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, dana segitu digunakan untuk pembuatan tooling parts pada penyuplai. Selain itu ada aliran dana juga yang ditujukan untuk beberapa perlengkapan produksi lainnya.

Dibanding varian lain, Venturer, memiliki setidaknya 15 detail perbedaan. Utamanya ada pada bagian eksterior berupa ornamen tambahan.

Pada lini produksi, TTMIN akan memproduksi sekitar 750-800 unit Innova Venturer per bulan. Selain untuk memasok pasar domestik, Venturer juga bakal diekspor ke Filipina.

Venturer terdiri dari empat varian, bensin 2.0L M/T Rp 386,3 juta, bensin 2.0L A/T Rp 406,4 juta, diesel 2.4L M/T Rp 424,2 juta, dan diesel 2.4L  Rp 445,6 juta.

Tingkat kandungan lokal buat Venturer sama seperti klaim TMMIN sebelumnya, yaitu 85 persen. Bukan hanya untuk domestik, Warih mengatakan Venturer juga bakal diekspor pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com