Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Blue Bird Tepis Cap "Mobil Capek"

Kompas.com - 14/01/2017, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Purwakarta, KompasOtomotif - PT Blue Bird Tbk siap melepas puluhan unit Mercedes-Benz E200 Kompressor bekas taksi premium ke konsumen. Bagi masyarakat yang tertarik dengan sedan mewah asal Eropa ini bisa langsung meminang dengan mahar Rp 180 juta.

Tetapi, yang namanya mobil bekas taksi, selalu saja ada nada miring yang menyertainya. Paling santer, adalah istilah "mobil capek" karena faktanya mobil bekas taksi memang digunakan untuk perjalanan panjang, setiap hari, mengantarkan pelanggan. Akibat ini juga, membuat sebagian konsumen mempertanyakan bagaimana kualitasnya.

"Kalau anggapan 'mobil capek' berdasarkan kilometer itu memang tinggi, namanya juga taksi. Tapi dari sisi perawatan tetap kami jaga, artinya kami punya standard operating procedure (SOP) untuk pengecekan mobil karena secara tidak langsung ini juga investasi kami," kata General Manager Used Car PT Blue Bird Hery Sugiarto di Purwakarta, Jumat (13/1/2017).

Sebagai produk investasi, Blue Bird tahu betul bagaimana menjaga nilai jual kendaraan supaya tetap terjaga. Penurunan nilai tentu terjadi, tetapi dengan menjamin setiap sedan bekas taksi dengan perawatan berkala yang ketat, kualitas bisa tetap terjaga.

Stanly/Otomania Proses perapihan taksi jadi mobil siap jual

Selain itu, kualitas pengemudi yang mengemudikan taksi premium Silver Bird (Mercedes-Benz) juga kawakan. Hanya supir yang lolos penyeleksian khusus yang bisa duduk di balik kemudi Silver Bird, sesuai jam terbang dan pengalaman yang panjang.

"Kami juga tidak sembarang dalam memilih driver, mereka sudah dilatih ada kualifikasinya. Tidak mudah pindah kebiasaan dari transmisi manual ke otomatis, jadi kita kasih pelatihan sehingga mereka tidak sembarang dalam menggunakan kendaraan," kata Hery.

Dari sisi perawatan, Technical Manager Blue Bird Yuni Suharyanto mengklaim kalau setiap mobil ditangani oleh mekanik yang andal. Khusus untuk Mercy, Blue Bird juga menggandeng tenaga ahli dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) ketika menghadapi masalah-masalah serius pada mobil.

Stanly/Otomania Mekanik melakukan pengecekan Start Diagnostic pada Mercy bekas taksi.

"Kami punya alat start diagnostic sendiri untuk pengecekan sistem yang langsung terintegrasi dengan pihak pabrikan dari Jerman. Semua data dari mobil lengkap, seperti buku riwayat selama pemakaian dan laporan ini kami berikan ke konsumen," ucap Yuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com