Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Ketemu Mercy Ini Pasti Bekas Blue Bird

Kompas.com - 19/06/2016, 08:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Misalnya saja Anda bertemu unit Mercedes-Benz “setengah baya” dengan empat mata bulat di depan lantas bertuliskan E 200 Kompressor di buritan, yakinlah kalau sedan mewah itu bekas taksi Blue Bird atau lebih tepatnya Silver Bird.

Blue Bird selalu berusaha tetap segar dengan meremajakan mobil operasional. Maka itu setiap mobil yang sudah melewati usia pemakaian lima tahun dibebastugaskan kemudian diganti unit produksi muda. Unit-unit pensiunan itu dialihkan ke divisi mobil bekas (mobkas) buat dilepas ke masyarakat.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mercedes-Benz E 200 Kompressor 2009 bekas Silver Bird.
Silver Bird adalah taksi reguler kelas premium dari Blue Bird, mobil-mobil yang bertugas biasanya level atas. Menurut pengakuan Hery Sugiarto,General Manager Used Car PT Blue Bird  tbk, hanya perusahaannya yang membeli E 200 Kompressor (W211) kelahiran 2009 – 2010 dari Mercedes-Benz Indonesia.

“Waktu itu kami beli semua,” kata Hery di Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Meskipun tidak diungkap pasti, ada sekitar 500 unit yang dibeli. Pembelian mobil impor Jerman itu atas hasil kerja sama kedua pihak.

Ghulam/Otomania Mercedes Benz bekas taksi yang dijual.
Saat bertugas, E 200 Kompressor mengenakan plat kuning, tapi setelah kepindahannya ke divisi mobkas berubah menjadi hitam. Beda seperti Toyota Limo yang kerap dicat ulang sebelum dijual, warna semua E 200 Kompressor tidak berubah dari pabrik, tetap hitam elegan.

Sampai saat ini Blue Bird masih menjual E 200 Kompressor. Harganya Rp 180 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com