Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tingkat Bandara Kualanamu Rakitan Bogor

Kompas.com - 15/11/2016, 11:37 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Tahun ini bodi bus atap tinggi semakin banyak diminta perusahaan transportasi. Dampaknya positif buat perusahaan karoseri yang banjir pesanan, salah satunya Rahayu Santosa.

Perusahaan karoseri asal Bogor itu baru saja memperkenalkan model baru, Jetliner versi Double Deck yang dirancang di atas sasis Mercedes Benz OC 500 RF-2542 dengan tiga sumbu roda.

Sebelumnya Rahayu Santosa sudah membuat Jetliner Semi High Deck, bus sepanjang 12 m ini memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) 15 -16 ton. Selain itu sudah hadir juga Jetliner High Deck dengan panjang 13,5 m plus GVW 16 ton.

Jetliner Double Deck lebih berat dari kedua model itu, GVW-nya 24 ton kendati panjangnya sama seperti versi High Deck. Konsep rancangan menjurus ke bus modern untuk transportasi Antar Kota.

Dalam siaran resminya, Selasa (15/11/2016), Rahayu Santosa menjelaskan unit pamer Jetliner Double Deck ini didesain untuk PO Pelita Paradep dengan warna identitas hijau, jingga, dan kuning. Gambar Taj Mahal yang ada di sisi bodi merupakan tempat favorit pemilik Pelita Paradep. 

Rencananya bus akan digunakan buat melayani transportasi di Sumatera Utara yang melayani rute Medan – Pematang Siantar dan Bandara Kualanamu – Siantar.

Sekali jalan Jetliner Double Deck bisa mengantar 59 penumpang yang dengan nyaman duduk di kabin. Nuansa mewah tercermin dari berbagai fitur, misalnya jok dengan sandaran kaki, tiga televisi, interior yang diberi warna fushia buat dasbor, kursi, dan karpet, serta abu-abu sebagai warna dominan lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com