Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda “Recall” CivicTurbo Akibat Kelainan Rem

Kompas.com - 14/10/2016, 11:53 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Honda Amerika mengumumkan penarikan kembali unit untuk diperbaiki atau recall, terhadap 350.000 unit Civic turbo, baik tipe coupe dan sedan, edisi 2016. Ini terkait dengan masalah rem parkir elektronik kendaraan (EPB/electronic parking brake).

Mengutip Automotive News, Jumat (14/10/2016) pihak Honda dalam sebuah pernyataan mengatakan, perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur komponen vehicle stability control, bisa mengagalkan EPB setelah memutar kunci kontak ke posisi off.

Jika EPB tidak berfungsi baik ketika mobil diparkir, Honda Civic bisa menggelinding, dan berisiko menyebabkan cedera. Pihak Honda mengatakan, sampai saat ini masih belum ada kecelakaan atau cedera yang dilaporkan dari masalah ini, recall ini menjadi satu bentuk pencegahan dini.

“Masakah ini sebelumnya ditemukan melalui lampu peringatan rem yang menyala," ujar pihak Honda. Honda akan mulai memberitahukan pemilik Civic yang terkena recall pada bulan November 2016. Belum ada pengumuman resmi, apa masalah ini juga menginfeksi model yang ada di luar Amerika.

Pihak diler akan menginstal gratis perangkat lunak baru, demi memperbaiki kondisi sistem EPB tersebut. Pengumuman recall Honda Civic ini berselang satu hari, setelah Toyota mengumumkan menarik 92.000 model Prius di Amerika model tahun 2016 dan 2017, karena masalah yang sama, rem parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com