Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Cantik Ducati Pun Kena ”Recall”

Kompas.com - 11/10/2016, 17:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bologna, KompasOtomotif – Tidak ada produksi massal yang selalu lolos dari kesalahan. Tak terkecuali merek sekelas Ducati. Baru-baru ini mereka mengumumkan recall untuk 1.433 unit XDiavel, sepeda motor cruiser dengan desain atraktif yang pernah dibuat,

Via NHTSA (lembaga keselamatan jalan raya di Amerika Serikat), sepeda motor yang kena imbas recall adalah produksi antara 7 Juli 2015 sampai 22 Juni 2016, dipasarkan sebagai model 2016.

Ditemukan masalah pada final drive pulley yang menimbulkan potensi membahayakan pengendara. Pemasangan diklaim tidak benar yang menimbulkan bunyi dengung.

Dikhawatirkan, masalah pada drive pin yang terpasang ini membuat pulley kendor, berpotensi menyebabkan motor kehilangan tenaga dan kemampuan mengerem. Kemungkinan celaka pun semakin tinggi.

motorcycle Bagian inilah yang ditengarai bermasalah.
Laporan awal datang sejak Maret 2016, saat XDiavel S di Eropa tiba-tiba memunculkan bunyi kencang saat berakselerasi. Ducati lalu menerima tiga laporan lagi di Eropa pada April dengan komplain yang sama.

Produsen motor asal Italia itu lalu memulai analisis pada desain roda belakang dan proses produksi. Dari sinilah ditemukan masalah tersebut, dan pada 20 Mei, Ducati mulai melakukan proses persiapan recall di seluruh dunia.

Diler akan menginspeksi unit yang kena dampak recall, lalu mengganti pelek yang terpasang kurang sempurna. Mekanik juga akan menambahkan semacam karet untuk menjaga drive pin tidak terpasang baik.

Karet itu akan dimasukkan juga pada produksi terbaru. Sementara model akan datang akan menggunakan pelek baru untuk menghindari permasalahan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com