Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen dan Audi “Recall” Ratusan Ribu Unit

Kompas.com - 08/10/2016, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Virginia, KompasOtomotif – Kabar perbaikan massal kendaraan roda empat, kali ini datang dari Volkswagen Group, di mana mereka mengumumkan me-recall untuk total 281.505 unit, merek VW sendiri dan Audi.

Penarikan unit untuk diperbaiki ini lantaran ditemukannya potensi kebocoran bahan bakar. Beberapa model yang terkena masalah ini di antaranya Audi A3, A6, A7, Q5, dan Q7. Kemudian ada juga dari Volkswagen Golf, Golf SportWagen, dan Golf GTI yang ikut terkena recall.

Menguti Autoblog, Sabtu (8/10/2016),  sebenarnya ada tiga masalah yang ditemukan hngga berujung recall, dan semua berhubungan dengan kebocoran bahan bakar. Mulai dari masalah pertama, untuk model Audi A6 lansiran 2012-2013 dan Audi A7 dengan total 28.249 mobil, ditarik karena penurunan kualitas selang bahan bakar di kompartemen mesin.

Kedua, ada Audi Q5s 2009-2012 dan Audi Q7s 2007-2012 berjumlah 143.214 unit, karena tutup bahan bakar kendaraan yang retak, berpotensi bocor bahan bakar. Terkahir, 110.042 total unit dari model Volkswagen Golf 2015-2016, Golf SportWagen, GTI, Audi A3 sedan, dan A3 Cabriolet, harus dilakukan recall, karena adanya potensi bocor bahan bakar dari penguapan sistem emisi.

Sampai saat ini, masih belum ada cedera atau kematian, yang disebabkan oleh kebocoran bahan bakar. Tiga isu yang terpisah berarti tiga perbaikan yang terpisah. Volkswagen dan Audi akan menginformasikan pelanggan sesegera mungkin, meskipun komponen penggantiannya belum tersedia.

Masih belum diumumkan secara jelas, apakah model-model yang terinfeksi ini, juga terjadi di luar wilayah Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com