Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Habiskan Stok Yaris Lawas

Kompas.com - 21/09/2016, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Rencana Toyota Astra Motor (TAM) hadirkan generasi terbaru Toyota Yaris akhirnya terkuak. Ini terbaca setelah muncul informasi pengajuan pada situs online Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT), milik Kementerian Perindustrian.

Sebelumnya, KompasOtomotif, pada Agustus 2016 lalu pernah mendapat Informasi, terkait akan diluncurkannya model terbaru Yaris di akhir tahun ini. Sumber juga mengatakan, kalau TAM sedang mencoba menghabiskan stoknya yang ada di diler-diler.

Jika melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah unit Yaris yang dikirim ke diler pada Agustus 2016, jauh lebih sedikit dibanding bulan sebelumnya Juli 2016. Penurunan yang terjadi mencapai 45,40 persen.

Padahal jika melihat merek lain di segmen yang sama, malah mengalami kenaikan, seperti Honda Jazz naik 284,10 persen menjadi 1.932 unit, Mazda2 naik 276,11 persen dari 113 unit ke 425 unit, Suzuki Swift menigkat 78,57 persen, lalu Kia All New Rio yang ikut melonjak di angka 55,00 persen.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan Hatchback periode Januari-Agustus 2016.

Anomali yang terjadi pada Yaris ini, apa bisa juga jadi sinyal penguat kalau memang benar akan datang yang baru? Anton Jimmy, Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) masih belum mau “bocor” terkait hal tersebut.

“Kalau terkait dengan produk baru, saya belum bisa berkomentar ya. Lalu mengenai masalah supply, ini lebih ke arah normalisasi stok saja”ujar Anton kepada KompasOtomotif, Selasa (20/9/2016).

Ghulam/KompasOtomotif Data wholesales Yaris Januari-Agustus 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com