Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Hadirkan Mesin Hibrida Terbaru

Kompas.com - 06/09/2016, 08:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Nissan Motor berencana untuk meluncurkan mesin hibrida jenis baru musim gugur tahun ini. Jika mesin ini berhasil diaplikasikan pada kendaraan, ini akan menjadi mesin hibrida pertama di Jepang dengan mekanisme terbaru, dibanding yang konvensional.

Mengutip Nikkei, Senin (5/9/2016) mesin minicar berbahan bakar bensin (gas-powered) milik Nissan, akan disandingkan dengan mesin hibirida. Namun, mesin bensin sama sekali tidak bekerja untuk menggerakkan kendaraan, tetapi hanya akan digunakan untuk mengisi ulang baterai mobil.

Jadi roda hanya hanya akan mendapatkan daya dari baterai mobil. Mesin baru ini diperkirakan akan mulai hadir di diler-diler Nissan pada November 2016.

Sitem penggerak berteknologi mutahir  ini, meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 40 persen. Ini akan menjadi catatan baru, bahan bakar mobil kompak paling efisien dari Jepang. Angkanya akan mendekati 40 km per liter, meninggalkan Toyota Motor Aqua bermesin hibrida dengan konsumsi 37 km untuk satu liter bensin.

Harga mobil tersebut diperkirakan akan menyentuh 2 juta yen atau Rp 254 jutaan, atau setara dengan mobil dengan penggerak bensin lainnya. Mesin hibrida konvensional masih menggunakan mesin bensinnya untuk ikut menggerakkan roda, namun untuk yang satu ini tidak.

Tapi bagaimanapun, hibrida konvensional dan yang terbaru milik Nissan tersebut, masih harus mampir ke stasiun pengisian bakar untuk mengisi bensin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com