Gaikindo Cari Pengganti Renault di GIIAS

Kompas.com - 19/07/2016, 15:01 WIB
Renault Kwid, menjadi crossover murah aliansi Renault-Nissan yang kemungkinan diadopsi Datsun. RenaultRenault Kwid, menjadi crossover murah aliansi Renault-Nissan yang kemungkinan diadopsi Datsun.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kurang dari sebulan sebelum Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) digelar, Renault menyatakan mengundurkan diri jadi peserta. Kini, Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sedang mencari solusi yang tepat sebab kondisinya terbilang mepet.

Alasan pembatalan atas keinginan prinsipal terkait masalah teknis. Dua model pamer yang tadinya sudah disiapkan buat pameran, Koleos dan Kwid, tidak bisa sampai ke Indonesia sebab versi setir kanan belum tersedia.

“Dia enggak ikut, unit yang dipakai katanya enggak siap. Sekarang lagi dicari penggantinya,” ujar Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo via telepon, Selasa (19/7/2016).

www.renault.co.id Renault Koleos Wildy Sophisticated
Pengganti

Isu yang sempat beredar, Ford Motor Indonesia (FMI) akan menggantikan tempat Renault di Hall 6A. Namun Direktur Komunikasi FMI, Lea Kartika, mengatakan, hal itu tidak benar.

“Ford enggak ikutan GIIAS, kecuali kalau diler mau. Tapi itu semua diserahkan kepada diler, FMI tidak berpartisipasi,” kata Lea.

Pihak lain yang juga sempat dikabarkan ingin ikut GIIAS yaitu Subaru, tetapi menurut Kukuh tidak ada tanda-tanda sampai sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dia pernah mengatakan ingin menyelesaikan masalah internalnya dulu. Pernah muncul mau ikut, tapi sampai sekarang belum ada perkembangan baru,” ucap Kukuh yang juga mengatakan sekitar 40 peserta bakal meramaikan GIIAS.

GIIAS akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD, Tangerang Selatan, pada 11 – 21 Agustus 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.