Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunjuk Pihak Asing, Ford Indonesia Dinilai Arogan

Kompas.com - 14/07/2016, 16:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ford Motor Indonesia (FMI) telah menentukan sikap, pihak pengganti yang akan meneruskan layanan purna jual, garansi, dan ketersediaan suku cadang adalah perusahaan asing, yaitu RMA Group asal Thailand. Keputusan itu menyingkirkan peluang pengusaha lokal diler Ford di Indonesia mengambil alih bisnis tersebut.

Keputusan FMI ditanggapi pengacara Harry Ponto dari Kantor Advokat Kailimang & Ponto yang mewakili enam perusahaan diler Ford. Harry menyebut sikap FMI arogan.

“Pertama saya sampaikan tentu menunjuk pihak manapun untuk menjadi pelayan aftersales merupakan hak Ford, tetapi ini juga menunjukan betapa betul-betul mereka sewenang-wenang dan tidak menghargai pengusaha Indonesia yang sudah membesarkan Ford,” ucap Harry via telepon, Kamis (14/7/2016).

Harry yang berdiri di depan Arista, Auto Kencana, Nusantara, Fortune Dunia Motor, Sumber Sukses Mobilindo Sejahtera, dan Citra, mengatakan lagi, para pengusaha diler seperti dibuang begitu saja.

“Orang-orang ini yang sudah belasan tahun berhubungan resmi dengan mereka, tapi begitu FMI memutuskan untuk keluar, mereka di-‘lepeh’ begitu saja,” kata Harry.

“Oleh karena itu saya katakan, menunjuk pihak ketiga tanpa memberikan kesempatan kepada diler, arogan,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com