Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabin Mini "Telan" Generasi Lawas

Kompas.com - 07/06/2016, 15:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Amsterdam, KompasOtomotif - Mini, sesuai nama seharusnya mobil ini berukuran ringkas dan berharga murah. Tapi sejak dimiliki BMW, Mini tidak lagi seperti yang dulu kita tahu. Ada banyak perubahan pada Mini modern, salah satu yang paling kentara yaitu soal ukuran.

Penggemar asal Belanda, Jeroen Booji mulai terusik ketika dia melihat foto crossover Mini Countryman bersanding dengan Mini klasik. Dia tidak percaya ternyata ukurannya sangat berbeda. Nah, ide pun terangkat buat membuktikannya.

Caranya tidak biasa, bukan mengukur dimensi lalu membandingkannya tapi dia mau Mini klasik ada di dalam Countryman. Tapi tidak berarti harfiah, Jeroen merancang eksterior Mini klasik skala 1:1 berbahan kardus.

Practical Classics/Facebook Beda ukuran mini klasik dengan Countryman .
“Diler lokal kami di Amsterdam suka rencana sedikit nakal kami dan mau menyediakan mobil demonstrasi mereka. Begitu model nyata kami selesai. Kami berangkat ke diler Mini untuk mengambil Countryman. Bukan untuk test drive – tapi buat sesuatu,” kata Jeroen, seperti tertulis di halaman facebook akun Practical Classics, pekan lalu.

Panjang Mini klasik masuk ke kabin saudaranya yang lebih besar. Bagian kap mesinnya ada di bawah dasbor. Semua bagian masuk, termasuk atap dan pintu belakang.

“Itulah. Kami berhasil membuktikannya pas. Oke, lantai dan pilar C Countryman memang membuat masalah tapi, jadi. Mini di dalam yang tidak begitu Mini,” kata Jeroen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com