Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tanggapan Datsun tentang Toyota Calya

Kompas.com - 26/05/2016, 16:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Berbagai tanggapan dari para merek mulai bermunculan sejak tampang Toyota Calya beredar pada Selasa (24/5/2016). Setelah Honda mengatakan tidak tertarik, kini pendapat datang dari Datsun yang selama ini sendirian bermain di segmen low cost green car (LCGC) kelas MPV 7-penumpang.

Meski belum ada konfirmasi dari Toyota, sudah pasti Calya punya konfigurasi jok tiga baris. Hal itu bisa diteliti dari foto-foto yang beredar. Bocoran dari berbagai sumber mengungkap, Calya menggunakan mesin 4-silinder 1.2L. Sempat disebut mesin itu mirip seperti Etios, tetapi bisa dipastikan mempunyai spesifikasi berbeda.

Kendati baru ketahuan di permukaan, data diri Calya itu jelas-jelas menantang MPV Datsun GO+. Catatannya, GO+ menggendong mesin 3-silinder 1.2L.

Sumber untuk Otomania.com MPV baru Toyota di kelas "mobil murah" diberi nama Calya.
Lebih mengancam lagi, Calya adalah kembaran produk “mobil murah” Daihatsu. Hingga saat ini, model Daihatsu itu belum ketahuan. Tetapi yang jelas, GO+ bakal ditantang dua model kualitas Astra.

“Jujur saya belum bisa komentar apa-apa, karena kan (informasi) secara detail dan resmi belum ada. Semua kan masih spekulasi atau berita-berita jadi susah untuk berkomentar,” kata Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja via teks kepada KompasOtomotif, Kamis (26/5/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun Risers Expedition gelombang 3 Etape III tiba di perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Kalimantan Barat.
Sama seperti pernyataan sebelum foto-foto Calya muncul, Indri menyampaikan, ketika segmen “mobil murah” diisi pemain lain maka yang diuntungkan adalah konsumen karena semakin banyak pilihan.

“Kalau memang Calya ada di segmen yang sama, ya kami tetap optimistis, kenapa juga dibawa susah. Datsun sendiri fokusnya terhadap membangun awareness karena kita kan masih merek baru. Terus juga ekspansi jaringan dan pengembangan purnajual,” jelas Indri.

Calya kemungkinan besar meluncur pada Agustus 2016. Analisis sementara, kedatangan dua model baru dari Toyota dan Daihatsu bakal menggembungkan segmen LCGC. Bisa jadi mulai mendekati segmen low MPV yang selama ini terlaris di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com