Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Bikin "Iron Man" Versi Korea

Kompas.com - 16/05/2016, 15:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Produsen mobil terbesar di Korea Selatan, Hyundai Motor Group, telah memperkenalkan inovasi berupa robot yang dibisa disandang manusia pada pekan lalu. Teknologi mirip karakter dari Marvel, Iron Man, ini berguna membantu pekerjaan berat di banyak area termasuk di lingkungan pabrik dan militer. 

Robot ini bekerja melipatgandakan kekuatan fisik asli manusia yang memakainya, jadi bisa membantu, misalnya, mengangkat beban lebih dari 60 kg sambil menaiki tangga. Tapi bukan hanya itu, Hyundai juga melihat potensi robot ini untuk digunakan para difabel.

tgdaily,com Hyundai merancang robot yang dibisa disandang manusia untuk membantu kaum difabel.
“Iron Man versi Korea” ini bisa melakukan hal yang mustahil plus minim risiko cedera buat manusia. Bila digunakan tentara mampu membuatnya berjalan lebih jauh sambil membawa banyak perlengkapan.

Dalam pernyataan resminya, seperti diberitakan Xinhuanet.com, Jumat (13/5/2016), Hyundai mengatakan, “pengembangan robot seperti ini sejalan dengan visi Hyundai Motor Group untuk kebebasan mobilitas masyarakat dan sebagainya”.

Hyundai hanya mendemonstrasikan tapi tidak menyebut kapan bakal dijual ke pasaran atau menjadi barang industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com