Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Cedera Saat Berkunjung ke IIMS!

Kompas.com - 10/04/2016, 15:18 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif — Bagi Anda yang berniat mengajak keluarga liburan akhir pekan ke pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, wajib ekstra hati-hati. Jangan sampai tujuannya mau bersenang-senang justru harus luka atau cedera fisik.

Pameran yang terselenggara di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, ini lumayan luas, mencakup 14.876 meter persegi. Terdiri dari area indoor 13.348 meter persegi ditambah 1.528 meter persegi di outdoor. Keliling dua kali saja sudah cukup melelahkan buat sebagian pengunjung.

Belum lagi kontur permukaan jalan yang tidak rata, seperti tangga, lantai, dan semen, membuat beban kerja di kaki berlipat.

“Terkadang pengunjung tidak menyadari kegiatan yang akan dilakukan. Mengunjungi pameran dengan area yang luas membutuhkan persiapan fisik yang ditopang dengan alas kaki yang benar,” ujar Nina, dokter Emergency Response Indonesia yang berjaga di ruang medis IIMS 2016, Sabtu (9/4/2016).

Maka dari itu, sebelum berniat pergi, pastikan persiapan fisik dilakukan. Jangan sampai salah kostum sehingga membuat sulit. Pemilihan alas kaki yang sifatnya sederhana, nyaman, dan bukan sekadar demi tampilan bisa jadi krusial ketika berkunjung ke IIMS.

Pengunjung yang meningkat pada hari Sabtu membuat ruang berjalan di area pameran berkurang dibanding hari-hari sebelumnya. Ada beberapa pengunjung yang datang mengeluhkan pada kakinya sakit karena lecet.

“Belum sampai cedera hanya lecet. Biasanya kami membersihkan luka terlebih dahulu lalu memberi antiseptik dan menutup luka dengan kain,” ucap Nina.

Nina menambahkan, jika pengunjung sudah merasa lelah, sebaiknya beristirahat. Kemudian, untuk mengurangi ketidaknyamanan, sebaiknya menggunakan kaus kaki jika tidak ingin lecet saat berjalan jauh.

“Jangan lupa untuk mengukur kemampuan diri, jika sudah lelah berjalan sebaiknya istirahat. Bisa mempergunakan ruang medis seperti di Hall C atau area-area beristirahat yang sudah disediakan penyelenggara pameran,” ujar Nina.

Beberapa tempat istirahat bagi pengunjung tersebar di semua hall area pameran IIMS 2016. Khusus untuk ruang medis, berada di Hall C di belakang booth mobil listrik karya mahasiswa Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com