Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fin Komodo Cari Konsumen di IIMS 2016

Kompas.com - 10/04/2016, 12:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Produsen kendaraan asal Cimahi, Jawa Barat, PT Fin Komodo Teknologi kembali diundang ke Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar tahun ini. Total, Fin Komodo telah tiga kali ikut IIMS yakni pada 2010, 2015, dan 2016.

Di lantai pameran dekat rombongan para pemegang merek sepeda motor, Fin Komodo menampilkan tiga varian dari model andalannya KD 250 AT, yaitu standar, pemadam kebakaran (Damkar) dan Medivac. Ketiganya punya kemampuan menjamah lokasi – lokasi sulit dengan kemampuan spesifik.

KD 250 AT atau versi standar memiliki mesin 4-tak 250cc dengan tenaga 14 tk dan torsi 17,6 Nm plus CVT. Banyak orang tidak percaya angka segitu bisa menaklukan medan terjal, tapi yang pasti salah satunya bukan Tentara Nasional Indonesia (TNI). KD 250 punya varian lain sebagai kendaraan intai tempur TNI yang tugasnya “blusukan”.

Andalan KD 250 bukan cuma mesin tapi juga rangka tubular, suspensi independen, dan rem cakram di keempat roda, Kapasitas tangki bahan bakar 20 liter, sedangkan satu liter bisa dipakai untuk menempuh 20 km.

Febri Ardani/KompasOtomotif Fin Komodo KD 250 dibuat khusus jadi kendaraan pemadam kebakaran.
Khusus buat varian damkar, dilengkapi dengan berbagai alat pemadam api, sirine, plus membawa kelengkapan keamanan petugas. Kendaraan ini berguna misalnya menerobos ke hutan yang sulit dijangkau kendaraan lain.

Febri Ardani/KompasOtomotif Fin Komodo KD 250 versi medis, Medivac.
Pada versi Medivac membawa perlengkapan medis. Di bagian atapnya dimodifikasi agar bisa mengevakuasi pasien.

“Sampai saat ini sih masih belum ada pembelian. Tapi kalau dilihat antusiasnya banyak, pengunjungnya ramai cuma memang belum ada prospek yang kelihatan. Tahun lalu kami jual dua unit,” kata Dewa Yuniardi, Marketing Fin Komodo, Sabtu (9/4/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com