Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Berubah di Lima Sepeda Motor "Facelift" Honda

Kompas.com - 26/02/2016, 19:03 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan lima model sepeda motor dan satu model baru. Motor yang mengalami penyegaran, yaitu New PCX150, New Vario 150 eSP, CB500F, CB500X ABS, CB650F ABS, dan line-up terbarunya CBR500R.

Selain CBR500R yang benar-benar baru diluncurkan di Indonesia,  New PCX150, New Vario 150 eSP, CB500F, CB500X ABS, dan CB650F ABS hanya mengalai penyegaran kecil. Berikut informasi lengkapnya:

New PCX 150 dan New Vario 150 eSP

Aditya Maulana, KompasOtomotif Skutik premium AHM

New
PCX 150 hadir semakin mewah melalui warna baru Sophisticated Matte Silver, sedangkan Vario 150 eSP meneruskan konsep warna eksklusif dengan sentuhan yang lebih premium. Tampilan eksklusif dan premium New Vario 150 eSP  ini semakin kuat dengan penyematan emblem baru 3 Dimensi (3D) Honda yang didesain khusus.

New PCX 150 dibekali ragam fitur unggulan di kelasnya seperti penerapan sistem pencahayaan LED di semua lampu dan Hazard yang pertama diterapkan di sepeda motor Indonesia.

Tak hanya itu, skutik premium Honda ini juga kini dilengkapi Answer Back System yang terintegrasi dengan remote control alarm anti pencurian yang mampu mendeteksi getaran dan gerakan pada saat alarm diaktifkan serta mempermudah mencari posisi parkir.

Untuk  menunjang kenyamanan, PCX 150 ini telah dilengkapi DC socket untuk power charger yang disematkan di konsol box sisi depan dan sistem pengereman combi brakehidrolis dengan 3 caliper yang memberikan kestabilan saat pengereman.

Sementara itu, New  Vario 150 eSP hadir dengan konsep eksklusif dan premium. Teknologi eSP-nya terintegrasi dengan ACGStarter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Big Bike

Aditya Maulana, KompasOtomotif Honda CBR500R

Selain meluncurkan CBR500R, Honda juga sekaligus menyegarkan CB500F, CB500X ABS dan CB650F ABS yang memiliki tampilan baru. Semuanya dihadirkan untuk memenuhi permintaaan masyarakat Indonesia.

Honda CB500F hadir dengan tampilan baru yang agresif. Jantung pacunya mengusung mesin 500cc DOHC mampu menghasilkan tenaga 35kW dan konsumsi BBM mencapai 26,8 kpl (mode WMTC) dengan penyematan rangka yang sama dari model sebelumnya yaitu model diamond-tube.

Kapasitas tangkinya semakin besar menjadi 16,7 liter, dan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap, sistem pengereman yang diatur sampai lima level sesuai dengan karakter pengendara dan penggunaan kunci kontak dengan bentuk wave yang meningkatkan kenyamanan serta tampilan saat berkendara.

Beralih ke CB500X yang menggendong mesin serupa, 500cc DOHC – menghasilkan power 35kW dan konsumsi BBM 26,8km/liter (mode WMTC) – menggunakan rangka baja diamond tube yang kokoh. Penyegaran pada tampilan Honda CB500X versi 2016 kini hadir dengan windscreen lebih panjang dan sentuhan LED pada headlight dan taillight.

Perubahan juga dilakukan pada ukuran tangki bahan bakar lebih besar dan detail perubahan pada tutup tangki hinged fuel cap, jangkauan tuas rem  yang kini dapat diatur, ubahan desain tempat duduk dan alur kunci kontak berdesain baru mampu menumbuhkan pengalaman berkendara yang berbeda. 

Aditya Maulana, KompasOtomotif Big Bike Honda

Kenyamanan berkendara pada model ini juga semakin baik dengan aplikasi tambahan adjustable spring preload pada bagian depan dan daya redam shock belakang yang lebih baik, serta peningkatan mekanisme perpindahan gigi yang semakin halus.

Tak hanya itu, pada CB650F selain hadir dengan warna baru, juga terdapat ubahan yang membuat konsumen menjadi lebih nyaman saat berkendara.

Model ini menggendong mesin 650cc DOHC 4 silinder yang telah dirancang untuk menghasilkan torsi tinggi dan respon di putaran rpm rendah ke medium terutama di bawah rpm 4.000.

Mesin CB650F berpendingin cariran telah mengaplikasikan arsitektur internal yang compact, 6 percepatan 4 silinder dengan sudut kemiringan hingga  30°. Kepala silinder mesin DOHC 16 katup mengaplikasikan cam actuation dan cam timing yang menyeimbangkan performa torsi maksimal dan kemampuan berkendara dibawah 4.000 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com