Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PCX Tertinggal dari NMAX, AHM Bergeming

Kompas.com - 22/02/2016, 07:05 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Bogor, KompasOtomotif – Yamaha berhasil menguasai penjualan di segmen skutik berbodi bongsor di pasar sepeda motor nasional, lewat andalannya NMAX. Prestasi ini berhasil menggeser Honda lewat PCX sebagai penguasa sebelumnya.

Mengutip data penjualan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang 2015 total NMAX yang terjual mencapai 122.046 unit. sedangkan Hinda hanya mampu menjual 3.582 unit PCX pada periode yang sama.

Banyak yang berpendapat salah satu faktor utama kalahnya PcX dengan NMAX adalah karena faktor harga. Bagaimana tidak, NMAX dibanderol Rp 24 juta (non ABS), hingga Rp 27,9 juta (ABS) sedangkan PCX Rp 39,8 juta, semuanya bertatus on the road Jakarta.

Kemudian, pertanyaan yang sering disampaikan para awak media kepada PT Astra Honda Motor (AHM) adalah kapan PCX diproduksi lokal di Indonesia?

Saat ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudsh merakit lokal NMAX di Indonesia. Memanfaatkan komoonen lokal, tentu dapat menekan harga jual sehingga lebih kompetitif. Sedangkan, AHM masih mengimpor PCX secara utuh atau dengan status completely built up (CBU) dari Vietnam.

Menanggapi pertanyaan itu, Direktur Pemasaran PT AHM Margono Tanuwijaya mengatakan, pihaknya belum bisa memutuskan apakah PCX bisa atau tidak diproduksi secara lokal di Indonesia.

“Belum tahu kapan akan diproduksi lokal,” kata Margono singkat menjawab pertanyaan KompasOtomotif, di sela-sela acara test ride All New Honda CBR150R di Sirkuit Karting Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/2/2016).

Mengenai jualan NMAX yang laku keras, Margono bergeming. Justru, kondisi seperti itu dianggap mampu menciptakan pasar yang positif. Menurutnya, penjualan PCX meskipun masih berstatus CBU Vietnam sudah cukup bagus.

“Masing-masing perusahaan ada prioritas masing-masing,” ucap Margono sambil tersenyum.

Sebelumnya, Margono pernah mengatakan, meski sudah dirakit lokal di Indonesia, harga PCX masih berada di atas Rp 30 juta. Sebab, AHM tetap ingin memberikan fitur-fitur terbaik kepada konsumennya di Tanah Air. “Pastinya kita tidak mau menurunkan spek PCX hanya untuk menekan harga jual,” ujar Margono beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com