Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aki “All New” Honda CBR150R Diklaim Lebih Hemat dari Sebelumnya

Kompas.com - 18/02/2016, 17:13 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Ubahan yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) pada All New Honda CBR150R cukup signifikan. Tak hanya dari sisi tampilan, dan performa mesin, tetapi hingga masalah kelistrikan yang diklaim lebih kecil sehingga bisa menghemat aki dibandingkan dengan model sebelumnya.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Endro Sutarno, Instruktur Technical Service Division, di sela-sela acara test ride All New Honda CBR150R di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/2/2016).

“Kelistrikan di All New Honda CBR150R lebih kecil, otomatis akinya juga bisa lebih hemat. Bisa lebih dari satu tahun kalau motor sering digunakan setiap hari,” ujar Endro, Kamis (18/2/2016).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Mesin All New Honda CBR150R

Pengeluaran dari sisi kelistrikan lebih kecil, kata Endro karena penggunaan lampu sudah LED dan dayanya juga jauh lebih kecil dibanding model sebelumnya. Menurutnya itu merupakan salah satu faktor utama aki bisa lebih hemat.

“Contohnya, model lama ketika menggunakan lampu low dayanya hanya 35 watt, sedangkan yang sekarang hanya 11,4 watt dan kalau pakai lampu high 14,4 watt. Begitu juga dengan lampu sein yang sekarang hanya 2,5 watt, sebelumnya 21 watt,” ungkap Endro.

Sepeda motor sport full fairing ini, menggunakan sistem pengapian full transistorized, tipe aki MF Wet 12V 5Ah dan busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9. Model sebelumnya tipe akinya MF 12V-5Ah, pengapian full transistorized dan busi NGK CPR9EA-9/ ND U27EPR-N9.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com