Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Dollar AS, Jualan Kia Indonesia Anjlok

Kompas.com - 08/01/2016, 18:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Kia Mobil Indonesia (KMI) jadi salah satu agen tunggal pemegang merek yang paling terpukul kondisi otomotif tahun lalu. KMI mengatakan total penjualan 2015 belum selesai dihitung namun diprediksi hasilnya turun hingga sepertiga pencapaian 2014.

“Desember belum dapat data jadi belum bisa rekap, memang jauh sekali dibanding tahun 2014 sekitar 3.000 unit, 2014 itu bisa 8.000 – 9.000 unit,” ujar General Manager Group KMI Ridjal Mulyadi, Jumat (8/1/2016).

Beberapa faktor yang memengaruhi buruknya penjualan, sebut Ridjal, yaitu nilai tukar rupiah yang melemah dan tidak ada produk baru. Sepanjang 2015 KMI sudah meluncurkan New Rio Platinum, New Picanto Platinum, dan New Sportage Diesel, namun menurut Ridjal ketiganya bukan produk baru.

Hasil utuh penjualan KMI pada 2015 belum kelihatan, maka target 2016 juga belum dicanangkan. Ridjal mengatakan sepertinya strategi 2016 tetap bertahan mengingat prediksi dari asosiasi kendaraan bermotor Indonesia, Gaikindo, total penjualan otomotif tahun ini juga stagnan seperti 2015.

“Tahun ini kita belum final, kita juga masih bingung. Secara angka kan kita belum keluar, tapi secara policy masih seperti tahun lalu. Kita masih wait and see,” kata Ridjal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com