Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jitu Beli Mobil Bekas Taksi

Kompas.com - 09/12/2015, 10:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Harga lebih enteng daripada “mobil murah” dan tambah sedikit modifikasi maka mirip Vios jadi beberapa alasan mengapa mobil bekas (mobkasO taksi Limo "plat hitam" diminati banyak orang. Meski begitu perlu dipahami Limo yang dijual rata-rata berumur lebih dari lima tahun sebab itu sebelum membeli pastikan kondisinya masih bisa ditoleransi.

Biasanya perusahaan taksi menjual limo setelah masa berlaku STNK dan garansi produsen selama lima tahun berakhir. Wajib disadari Limo adalah mobil pekerja keras karena dipakai setiap hari mencari rejeki, jarak pemakaiannya mencapai ratusan ribu kilometer.

Manager Penjualan Blue Bird Pool Ciputat yang saat ini sedang cuci gudang stok Limo menjelang akhir tahun menerangkan, Selasa (8/12/2015), bagian yang perlu dicek sebelum membeli yaitu mesin, kaki-kaki, dan kondisi bodi.

Harga jual standar Limo dipukul rata, Poll Ciputat misalnya, menjual Limo produksi 2009 seharga Rp 70 juta dan produksi 2010 Rp 78 juta. Biasanya, unit yang dijual sudah direkondisi jadi seharusnya Anda memilih kondisi terbaik dengan harga segitu.

Berikut tips membeli mobkas Limo:

1. Lakukan riset pada siang hari.
2. BIla Anda mengunjungi langsung Pool Taksi unit yang tersedia banyak. Sisihkan yang sudah Anda lirik agar semakin mudah memilih.
3. Saat masih kerja ada Limo yang bertugas jadi taksi bandara, hindari unit ini sebab punya km tempuh lebih tinggi dibanding yang lain.
4. Pilih unit yang sudah direkondisi mendekati Vios, dengan tambahan pelapis jok, kaca film, headunit, power window, spion elektrik, cat bodi, dan pelek. Timang banderol yang ditawarkan dibanding harga standar.
5. Test drive wajib dilakukan untuk mengetahui rasa pemakaian sekaligus mendeteksi kondisi aneh termasuk pada kopling, rem, serta operasional mekanis seperti buka-tutup pintu, tombol-tombol, dan gerak roda.
6. Cek bagian mesin, pantau kondisi segala cairan, busi, dan lainnya yang masih visual. Bila perlu bawa montir yang lebih paham.
7. Pembelian mobkas Limo belum tentu dapat garansi, tapi Anda bisa meminta kepada penjual jaminan kondisi dalam jangka waktu tertentu.
8. Sama seperti membeli mobkas lain, siapkan dana lebih untuk perawatan awal dan perbaikan tidak terduga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com