Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Latih Disiplin Sopir Angkutan Jakarta

Kompas.com - 10/11/2015, 14:07 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) bergerak mendukung arahan orang nomor satu Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, yang ingin membenahi kualitas jasa transportasi. Hino bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menggelar program pendukung berupa pelatihan mengemudi di Balai Latihan Kerja Daerah (BLKD), Jakarta Utara.

Di jalan-jalan Jakarta, tentu sudah tidak asing lagi pemandangan semrawut sopir angkutan yang kurang terdidik. Sikap kurang paham lalu lintas bisa tercermin saat mengangkut dan menurunkan penumpang bukan pada tempatnya, “ngetem” sembarangan, belok tanpa pasang sein, atau berjalan lambat di jalur kanan.

Materi pendidikan dalam pelatihan akan mengajari peserta tentang pengetahuan dasar kendaraan, cara mengecek kondisi harian, mengemudi dengan layak, mengutakaman keselamatan berkendara, dan bagaimana menghemat bahan bakar.

Total peserta berjumlah 20 orang dari BLKD Provinsi Jakarta. Seluruh materi diberikan bertahap selama 27 hari, tujuannya agar peserta betul-betul paham disiplib dan tata tertib lalu lintas serta bertanggung jawab atas tugasnya sebagai pengemudi.

“Pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian Hino terhadap kemajuan transportasi di Indonesia dan Jakarta pada khususnya, ini dilakukan agar para pengemudi dapat mengemudi secara baik dan aman sesuai dengan ketertiban lalu lintas serta kami berikan juga pelatihan preventive maintenance agar kendaraan lebih terawat dan  hemat bahan bakar saat dikemudikan,” Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, dalam keterangan resminya, Senin (9/11/2015).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com