Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggangi BMW R1150GS Selama 2.163 Hari Sejauh 420.000 Km

Kompas.com - 20/09/2015, 15:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Jeffrey Polnaja, penjelajah dunia seorang diri dengan sepeda motor, akhirnya menuntaskan misi Ride for Peace (RFP) di Jakarta, Sabtu (19/9/2015). Pria 53 tahun asal Bandung itu tercatat sudah melewati 97 negara untuk menyebarkan semangat perdamaian di seluruh dunia.

Total  jarak yang sudah ditempuh Kang JJ—sapaan akrab Jeffrey Polnaja—lebih dari 420.000 km. Jarak itu ditempuh dalam 2.163 hari yang terdiri dari 951 hari RFP pertama 2006-2008 dan 1.212 hari RFP kedua 2012-2015. Catatan tersebut dijalani Jeffrey di atas dua unit sepeda motor kelas petualang BMW R1150GS (satu unit hilang di Belanda di awal perjalanan RFP kedua).

Ini adalah prestasi yang telah menempatkan Kang JJ sebagai manusia kedua yang pernah mengendarai sepeda motor paling jauh sepanjang waktu. ”Sekilas saya mengingat kembali dengan apa yang telah saya lakukan. Ini sebenarnya ketidakmungkinan yang menjadi mungkin. Tanpa pertolongan Tuhan dan doa, mustahil saya bisa mengemban misi Ride for Peace,” kata Kang JJ.

Dalam prosesi penyambutan yang dilakukan di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, itu, Kang JJ juga juga berpesan tentang pentingnya menjaga perdamaian di dunia. Peperangan dan konflik kemanusiaan yang masih terjadi di beberapa negara di dunia seharusnya mampu dihentikan jika setiap manusia memahami betapa kecilnya dunia yang begitu indah ini.

”Saya telah berada dalam fase-fase perubahan di mukabumi. Hal ini menuntun saya bahwa sebenarnya tidak ada yang membedakan antara manusia yang satu dengan manusia lainnya,” tegas Jeffrey.

Dirinya berharap penjelajahan keliling dunia yang telah selesai dilakukannya bersama RFP bisa dilanjutkan generasi-generasi pemuda Indonesia di masa mendatang. Hal tersebut, dikatakan Jeffrey, agar bangsa Indonesia tetap dikenal di dunia sebagai bangsa kuat yang cinta perdamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com