Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM-SAIC Akan Produksi MPV Murah Rp 60 Jutaan

Kompas.com - 02/02/2015, 14:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - General Motors (GM) sudah memastikan menggadeng SAIC Motors akan membangun pabrik baru di Indonesia. GM-SAIC dikabarkan sudah membeli sebidang tanah di kawasan industri di luar kota yang berdekatan dengan Jakarta.

Kepala GM China Matt Tsien dilansir Reuters (1/2/2015) menjelaskan, buat GM, Indonesia merupakan menjadi pasar kedua di luar China yang mengembangkan skema kerja sama dengan SAIC. Sebelumnya, India sudah menggulirkan program serupa untuk merakit kendaraan multi guna (MPV) bermerek Wulling.

GM menyatakan, SAIC-GM-Wuling, yang di dalamnya termasuk Wulling Automobile Company, akan menguasai 80 persen perusahaan di Indonesia. Sisanya (20 persen) dikuasai oleh SAIC.

Dalam SAIC-GM-Wulling, GM memiliki 44 persen saham, SAIC 51,1 persen, sedangkan Wulling hanya 5,9 persen. Sementara posisi GM di perusahaan gabungan di Indonesia hanya 35 persen.
Pabrik GM-SAIC di Indonesia akan merakit MPV murah dikembangkan dari mobil yang dipasarkan di China, dengan banderol di bawah 30.000 yuan (Rp 60,9 juta) per unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com