Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Merek Mobil Ini Tidak Jualan Sejak Januari 2015

Kompas.com - 01/07/2015, 12:08 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sejak Januari hingga Mei 2015, ada tiga merek mobil penumpang di Indonesia yang tidak merekam data penjualan. Menurut data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), ketiga merek itu adalah Infiniti, Subaru, dan Cherry.

Performa Infiniti di Indonesia memang tidak pernah setara dengan merek premium lainnya. Tahun ini belum ada satupun unit yang terjual, padahal sejak Indonesia International Motor Show 2014 lalu Infiniti Indonesia sudah bersiap lari lebih kencang setelah meluncurkan dua varian sedan Q50, 2.0L turbocharger dan 3.5L hibrida.

Pada 2013 cuma ada 16 unit yang dijual di satu-satunya diler Infiniti di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Prestasi itu bahkan menurun pada 2014 menjadi hanya 8 unit.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Stan Subaru dalam pameran 22nd Indonesia International Motor Show 2014, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (18/9/2014). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 28 September 2014.

Subaru

Sejak terbelit kasus pajak dengan Pemerintah Indonesia, mulai Oktober 2014 diler Motor Image Indonesia (Subaru Indonesia) lumpuh dari aktivitas. Dari pemberitaan yang disiarkan sebelumnya, mobil-mobil Subaru yang dipamerkan di beberapa diler sempat dilabeli “disita”.

[Update] : Pihak Subaru telah mencabut pernyataan sebelumnya terkait artikel ini.

Chery

Chery International, produsen mobil asal China meresmikan PT Chery Mobil Indonesia (CMI) sebagai rekanan lokal pada 23 Februari 2012. Saat itu CMI langsung menjual tiga model, yaitu MPV Chery Eastar 2.0L, SUV Chery Tiggo 1,6L, dan pikap Chery Transcab 1.1L.

Namun menelisik dari data wholesale Gaikindo, diler-diler CMI tak merekam aktivitas jualan pada 2013 sampai Mei 2015. Dari keterangan penjawab telepon di kantor pusat CMI di Jl. Hasyim Ashari No. 1, Jakarta Pusat, saat ini lokasi itu sedang dalam proses renovasi. Aktivitas dipindahkan ke fasilitas Motorave di Jl. Agung Barat No. 15, Sunter, Jakarta Utara.

“Kita memang sedang tidak jualan, tapi suku cadang dan servis bisa dilakukan di sini,” jelas salah satu wiraniaga di Sunter via telepon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com