Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC)

Komunitas Avanza-Xenia Sebar "Virus" Aman Berkendara

Kompas.com - 16/06/2015, 19:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif – Kampanye aman berkendara yang digelar komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) telah berakhir sukses di kota keempat, Surabaya, pada Sabtu, (6/6/2015). Sama seperti kota-kota sebelumnya, di Jakarta, Bandung, Semarang, AXIC turut mengundang komunitas setempat untuk berbagi materi teori dan praktek tentang keselamatan berkendara.

Dalam keterangan resminya, Selasa (16/6/2015), Darlan Nuryandi, Ketua Umum PP AXIC mengatakan kegiatan bernama Safety Driving Short Course ini digagas dalam rangka menyambut peringatan hari kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia. Selain itu ajang ini dianggap bisa mempersatukan dan memperkuat hubungan komunitas pemilik mobil, Agen Tunggal Pemegang Merek, diler, serta perusahaan komponen.

Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC) Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC).

Ada 11 komunitas yang terlibat, yakni Immortal AutoClub, Slowmotion AutoClub, SK AutoClub, EXIT AutoClub, Mitsubishi Outlander Sport Indonesai (MitOSI), Honda Maestro Ridesrs Club (HMRC), Veloz Community (Velozity), Nissan Datsun Club Indonesia (NDCI), Platypus AutoClub, dan More Precious AutoClub.

Materi teori dimulai dengan pemaparan safety driving oleh instruktur Sentul Driving Course (SDC) Rudy  Novianto. Isi pembelajaran membahas tentang melatih insting berkendara dan lebih memperhatikan lingkungan ketika akan berbelok, lurus, atau menepi. Setelah teori, praktek safety driving dilakukan dengan latihan bermanuver dan parkir.

AXIC mengatakan perwakilan komunitas cukup puas dengan rangkaian acara. Konten pembelajaran dianggap perlu dan bisa diaplikasikan untuk kegiatan sehari-hari.

AXIC ingin menyebar “virus” baik agar semakin banyak masyarakat yan mahir berkendara. Saat ini dirasa masih banyak pengguna kendaraan, khususnya mobil, yang berdisiplin rendah serta kurang memiliki kemampuan berkendara yang baik. Menggelar kampanye keselamatan berkendaraa diharap bisa menekan jumlah kecelakaan jalan raya di seluruh Indoensia.

“Kampanye ini sejalan dengan visi dan misi AXIC, yakni sebagai klub otomotif yang secara konsisten melakukan kampanye safety driving ini lewat empat pilar, yakni Antibahu Jalan Tol, Seatbelt for All, No Hazard; Just  For Emergency Only, dan No Texting While Driving,” kata Darlan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com