Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemegang Merek Mobil Mulai ”Merapat” di IIMS 2015

Kompas.com - 10/03/2015, 18:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia International Motor Show (IIMS) masih menjadi salah satu barometer perkembangan otomotif Tanah Air. Beberapa agen pemegang merek (APM) menyatakan dukungannya untuk terus berpartisipasi di ajang yang sudah diselenggarakan selama 16 tahun itu.

Salah satu yang akan memamerkan produk-produk andalan pada IIMS 2015 di JIExpo-Kemayoran, 20-30 Agustus mendatang, adalah PT Ford Motor Indonesia (FMI). Direktur Komunikasi FMI Lea Kartika Indra menyatakan bahwa IIMS menjadi salah satu pameran penting untuk industri otomotif.

”Ford berkeinginan untuk mengikuti sejumlah pameran, karena kami mengganggap semuanya penting dan sama baiknya. Soal launching model, kami akan umumkan saat mendekati waktunya, karena hal ini masih dibicarakan internal,” ujar Lea kepada KompasOtomotif, (10/3/2015).

Artinya, FMI akan mengikuti dua pameran otomotif yang diselenggarakan secara bersamaan. Sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), FMI juga akan mengikuti ajang yang diagendakan Gaikindo.

Nissan-Datsun

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) punya langkah sama. APM merek Nissan dan Datsun itu memutuskan untuk bergabung dengan IIMS 2015 di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran dan Rencana Produk NMI menyatakan bahwa dua pameran yang diselenggarakan secara bersamaan dianggap punya pasar yang sama.

”Satu di Kemayoran untuk pasar Utara dan Pusat, sementara satunya lagi menggaet pasar Selatan dan Barat. IIMS sendiri sudah ada bentuknya dan menyatakan bakal tampil beda tahun ini. Saya rasa adalah hal yang bijaksana jika kami ikut keduanya,” tegas Budi, (10/3/2015).

Kendati demikian, Budi berharap, pameran besar tahun depan tidak diselenggarakan pada waktu yang bersamaan untuk memberi nafas APM agar bisa maksimal. Soal model baru, Budi menegaskan tidak ada model baru yang dirilis di pameran, karena semua sudah muncul sebelumnya.

Dari data yang KompasOtomotif terima, selain Ford dan Nissan-Datsun, APM lain yang menyatakan bergabung adalah Garansindo Inter Global (GIG) dengan delapan merek dan Hyundai.

Di lain sisi, Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara pameran sudah mengonfirmasi kehadiran 65 perusahaan bisnis pendukung otomotif untuk memeriahkan ajang tahunan bertaraf internasional ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com