Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Berkendara Irit dengan Muatan Penuh

Kompas.com - 09/03/2015, 09:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Dalam test drive New Mitsubishi Mirage oleh 24 blogger Kompasiana (Kompasianer), Minggu, (8/3/2015), bertajuk "Be Youthful, Be Sporty-Drive Mirage", didapati konsumsi bahan bakar teririt mencapai 15,8 kpl. Padahal, city car 1.200cc tersebut diisi penuh empat orang dengan kondisi jalanan stop and go khas akhir pekan di Jakarta.


Event hasil kerjasama antara KompasOtomotif dengan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) ini berhasil membuktikan bahwa New Mitsubishi Mirage sanggup mengakomodasi keinginan pengguna, termasuk soal konsumsi bahan bakar di tengah fluktuasi harga bensin.

Harris Maulana, salah satu Kompasianer yang ikut memenangkan timnya menjadi juara pertama adu irit membagi pengalaman mengemudi di tengah kondisi macet. Ditambah dengan muatan yang penuh, ada beberapa trik yang wajib diterapkan jika ingin berkendara tetap irit.

Kompas.com-Roderick Adrian Moses New Mitsubishi Mirage membuktikan sebagai city car dengan efisiensi BBM tinggi, meski dijajal dengan muatan penuh dan kondisi macet.

”Apalagi pakai transmisi otomatik, harus lebih sabar menekan pedal gas. Bukan pelan ya, tapi berusaha menjaga putaran mesin (rpm) antara 1.500-2.000. Beda dengan transmisi manual yang lebih gampang dapat torsi, kalau yang matik memang butuh kesabaran lebih,” terang Harris.

Pemenang ajang serupa yang diselenggarakan KompasOtomotif beberapa waktu lalu itu juga menyarankan, jika berhadapan dengan macet, terpenting adalah jaga jarak. Sebisa mungkin tidak sering stop and go.

Rahab Ganendra, salah satu Kompasianer yang ikut andil membuat timnya menjadi juara kedua, mengatakan bahwa untuk meraih hasil irit dengan kondisi macet cukup sulit. Apalagi, saat kebanyakan kondisi tersendat dialami saat melalui tanjakan.

”Di Jakarta kan banyak flyover. Pas di tanjakan dan macet itu sudah risiko. Tapi jika bisa, kita harus dapat momentum menggelinding. 15 kpl untuk Mirage sudah sangat baik dan seperti harapan saya sebelumnya,” beber Nendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com