BrandzView
Konten ini adalah kerjasama Kompas.com dengan Mitsubishi

Resep Berkendara Efisien dari Pemenang Adu Irit Mirage Surabaya

Kompas.com - 09/02/2015, 08:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif – Rona berseri tergambar dari raut wajah Suharijanto dan keluarga, saat namanya disebut sebagai pemenang Mirage Eco Fun Drive kategori transmisi manual, di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (8/2/2015). Setelah sekitar tiga jam melewati rute yang ditentukan, pria yang berprofesi sebagai guru SMK itu membukukan angka konsumsi BBM terbaik, yakni 22,1 kpl.

Suharijanto mengemudikan Mirage GLX transmisi manual bersama istri dan anaknya. Inilah salah satu konsumen setia Mitsubishi, yang tahun lalu baru mengganti Lancer SL 1985 dengan Mirage untuk dipakai sehari-hari.

Tidak ada tips yang sulit, Suharijanto mengaku hanya mengemudi sesuai gaya sehari-hari, tapi kali ini dia mematuhi tips yang diberikan panitia sebelum melepas 40 peserta Mirage Eco Fun Drive II.

”Saya selalu mengatur jarak dengan mobil depan. Kebetulan hari minggu tidak begitu macet, bisa jalan antara 40-60 kpj. Rpm juga saya jaga antara 1.500-2.000, ini kuncinya. Transmisi manual lebih mudah mengontrol rpm,” terang Suharijanto.

Sementara itu, pemenang kategori transmisi otomatik, Dhani Ciptadi, yang membukukan angka konsumsi BBM 21,85 kpl, mengatakan bahwa dirinya harus bersabar untuk membawa mobil melaju di rpm yang dikehendaki.

”Harus menggiring dulu di awal, maksimal 1.500 rpm. Kalau udah dapat torsinya, pedal gas agak ditekan sedikit. Saya berusaha tidak melakukan kick down dan tidak mengerem dadakan,” cerita Dhani yang sehari-hari pakai Mitsubishi Pajero Sport Dakkar itu.

Pegawai swasta di salah satu perusahaan di Gresik, Jawa Timur, itu berkendara membawa istri dan dua anak. Dia mengatakan tidak ingin mengejar juara dengan mematikan AC. Pendingin ruangan dibiarkan hidup, bahkan suhu disetel 19 derajat karena Surabaya cukup panas.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com