Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Merek Mobil Terbaik di AS

Kompas.com - 25/02/2015, 18:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

California, KompasOtomotif - Merek premium di bawah Grup Toyota, Lexus tampil sebagai merek terbaik menurut kesimpulan tahunan majalah nirlaba Consumer Reports (CR) edisi 2015. Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya berturut-turut bagi Lexus.

Dari daftar lima merek terbaik yang disusun CR, empat di antaranya merupakan produk Jepang. Mazda tercatat sebagai merek terbaik kedua di bawah Lexus, sekaligus tercatat sebagai yang terbaik dalam kategori non premium. Toyota menduduki peringkat tiga, disusul Audi, dan Subaru.

Untuk pertama kalinya juga, merek-merek mobil asal Amerika Serikat, berhasil menembus peringkat 10 besar tahun ini. Buick dari General Motors masuk ke peringkat tujuh, tepat di belakang Porsche dari Volkswagen. Peringkat delapan sampai sepuluh, berurutan adalah Honda, Kia, dan BMW.

Beberapa kategori khusus yang diciptakan CR, seperti model sedan sport terbaik tahun ini berhasil direbut Buick Regal, menggeser posisi BMW 328i sebelumnya. Kategori mobil premium terbaik disandang Audi A6, tiga tahun berturut-turut. Subaru Forester didapuk sebagai SUV kompak terbaik sementara Toyota Highlander SUV menengah terapik. Chevrolet Impala menjadi sedan besar terbaik di AS.

"Hari ini, banyak model domestik mampu bersaing dengan para importir terbaik," celoteh Jake Fisher, Direktur divisi Pengujian Otomotif CR, dilansir Reuters (24/2/2015).

CR melakukan survei terhadap 1,1 juta pengguna mobil pada program tahunannya itu. Hasilnya, dihitung berdasarkan rating, termasuk penilaian langsung dari pihak pemerintah AS, lembaga asuransi, pengujian keamanan, dan pengetesan oleh awak redaksi CR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com