Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daimler dan VW Tantang Google

Kompas.com - 03/11/2014, 15:24 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Munich, KompasOtomotif - Dalam konferensi di Munich, Jerman, pekan lalu, dua raksasa otomotif Daimler AG dan Volkswagen menyampaikan ketertarikannya untuk saling kerja sama menciptakan platform teknologi informasi baru untuk otomotif. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan ketergantungan terhadap penyedia layanan teknologi informasi dari pihak ketiga, seperti Google Incorporated, apalagi jika menyangkut data konsumen yang dianggap sensitif.

"Kami senang bisa menghubungkan diri dengan sistem data Google, tetapi kami masih mau jadi pengendali utama mobil kami sendiri," jelas CEO VW Martin Winterkorn, dilansir Bloomberg (31/10/2014).

Isyu ini dianggap penting karena semakin banyak konsumen tertarik membeli mobil yang menawarkan koneksi dengan internet. Gelombang tren ini juga makin berkembang bersamaan dengan semakin banyaknya pabrikan yang menawarkan kelangkapan tambahan koneksi internet pada kendaraannya.

Kondisi ini semakin problematis mengingat industri lagi mempersiapkan diri memasuki era ketika semua mobil bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lain atau dengan lingkungan sekitar.

Google dan Apple sudah menunjukkan ketertarikannya di dunia otomotif dengan menyiapkan berbagai aplikasi baru. Mulai dari Apple CarPlay atau Google Android Auto, didesain untuk digunakan di dalam mobil dan menawarkan interaksi antara pengemudi, mobil, ponsel pintar, atau tablet mereka.

"Ini sangat bagus. Ketika pabrikan otomotif bisa mendiskusikan sistem yang bisa memproses atau menyimpan data, membuat mereka menghindari ketergantungan dari pihak ketiga," jelas Dieter Zetsche, CEO Daimler AG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com