Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal IPO, Garansindo Guyur Rp 580 M

Kompas.com - 18/01/2015, 13:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tahun ini PT Garansindo Inter Global agen tunggal pemegang merek Fiat-Chrysler di Indonesia berencana masuk lantai bursa dengan melepas saham perdana (IPO) mulai 2015. Tapi, perusahaan menunda rencana tersebut dan memilih memperkuat bisnis otomotifnya di Indonesia dengan guyuran modal baru Rp 580 miliar.

"IPO kami tunda dulu, mengingat kondisi pasar masih belum stabil. Sekarang fokus kami mau memperkuat jaringan dulu," jelas Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer Garansindo di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan (17/1/2015).

Untuk investasi pertama, perusahaan menyiapkan dana Rp 500 miliar untuk membangun jaringan pemasaran berupa empat dealer, tiga di Jakarta, Surabaya, dan Bali. Seluruh jaringan ini berada di bawah kendali langsung Garansindo sebagai ATPM, jadi fungsinya untuk ikut menopang penjualan sekaligus menjaga kestabilan persaingan harga.

Sampai 2014, Garansindo sudah mengoperasikan total 16 pemaar utama untuk Chrysler, Jeep, dan Dogde (CJD), ditambah 4 dealer untuk Fiat-Alfa Romeo (FAR). Tahun ini, akan bertambah jadi 20 dealer untuk CJD dan 9 lokasi untuk (FAR).

Rp 80 miliar

Selain itu, Garansindo juga berniat mulai serius menjajaki bisnis sepeda motor di Indonesia mulai tahun ini. Dua merek sepeda motor yang sudah resmi bernaung di bawah perusahaan, adalah Zero dan Cleveland, keduanya asal Amerika Serikat.

Zero Motorcycles merupakan moge berteknologi listrik murni, sedangkan Cleveland CycleWerks merupakan produsen sepeda motor kecil yang menawarkan rancangan desain dan pesanan khusus bagi konsumen.

"Untuk sepeda motor, kami sudah siapkan dana Rp 80 miliar tahun ini. Dengan pasar lebih dari 6 juta unit per tahun, potensinya sangat besar," beber Al.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com