Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Otonomos Rentan Dibajak

Kompas.com - 06/09/2014, 11:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber inautonews
London, KompasOtomotif - Pengembangan mobil otonomos adalah pencapaian teknologi terkini dalam industri otomotif. Mobil yang tidak memerlukan pengemudi ini diprediksi akan menjadi kendaraan masa depan dengan sederet keunggulan. Tapi, disinyalir masih ada risiko besar dalam pengembangan mobil otonomos.

Risiko pertama yang dikhawatirkan adalah tanggung jawab bila terjadi kasus kecelakaan. Namun, sekarang ada kekhawatiran baru dari ancaman peretas (hacker). Mobil dengan sistem komputerisasi ini bisa dengan mudah dibajak, lalu digunakan untuk tujuan kriminal atau bahkan sebagai senjata.

Perusahaan konsultan KPMG di Tonbridge, Inggris, menyatakan, hacker bisa menggunakan mobil otonomos untuk membuat kekacauan lalu lintas atau bahkan bisa menculik penumpangnya.

"Risiko ini harus dipikirkan dengan matang oleh produsen, sebelum benar-benar melahirkan mobil dengan teknologi tinggi seperti otonomos," tulis KPMG bagian perlindungan informasi, seperti dilansir Inautonews, Sabtu (6/9/2014).

Meskipun ada skenario terburuk soal otonomos, pengembangan mobil canggih ini tetap terus berjalan. Diperkirakan pada 2030 nanti sudah akan ramai dengan mobil tanpa pengemudi.  Volkswagen AG contohnya sudah mulai melakukan riset, sementara Google Inc meluncurkan prototipe otonomos sejak Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber inautonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com