Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Lokal China Terdesak Asing

Kompas.com - 19/10/2014, 11:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber inautonews

Wuhan, KompasOtomotif - Pemerintah China setidaknya berharap pada tiga merek lokal untuk bisa menembus pasar otomotif global. Wang Xia, pejabat senior dari Dewan China bidang Promosi Perdagangan Internasional Otomotif mengatakan, produsen lokal lagi tertekan akibat ekspansi besar-besaran yang dilakukan merek asing.

Tekanan ini terlihat dengan terus merosotnya pangsa pasar yang selama ini dinikmati merek lokal China. Dua tahun lalu, merek mobil China menguasai pangsa pasar hingga 46 persen di negaranya sendiri. Tapi, sekarang jumlah ini sudah terpangkas hingga 10 persen, akibat merek Eropa, antara lain GM dan Ford.

Wang Xia menjelaskan, industri otomotif merupakan pilar sekaligus payung bagi perekonomian China dan dunia. Untuk itu, Xia memprediksi setidaknya ada tiga merek lokal yang wajib bisa ekspansi pasar dan menjadi pemain global seiring dengan perkembangan pasar di domestik China.

Jack Perkowski, investor asal Amerika Serikat yang sudah bekerja dengan industri otomotif China menambahkan, setidaknya dua merek lokal, yakni Geely dan Great Wall punya kesempatan paling baik untuk menjadi pemain global. Meskipun kedua merek masih dipandang sebelah mata oleh rival dari negara lain dan dianggap butuh beberapa tahun lagi untuk eksis di Eropa dan Amerika Utara, mereka bisa mulai ekspansi di negara-negara berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com